Polda Sumut Gagalkan Perdagangan Ginjal: Dijual Rp 175 Juta

Sabtu, 09 Desember 2023 – 08:00 WIB
Polda Sumut Gagalkan Perdagangan Ginjal: Dijual Rp 175 Juta - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - Polda Sumut menggagalkan perdagangan ginjal yang melibatkan korban seorang warga Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng). Foto: Antara

sumut.jpnn.com, MEDAN - Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumut menggagalkan kasus perdagangan ginjal yang akan dijual dengan harga Rp 175 juta. Korbannya berinisial RA (25), warga Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng).

Direktur Kriminal Umum Polda Sumut Kombes Sumaryono mengungkapkan korban diamankan di Bandara Kualanamu saat akan berangkat ke India. Korban dan calon pembeli bertemu di Kota Medan yang dihubungkan oleh Mus Muliadji alias MM (25), merupakan warga Kota Medan.

"Korban dan calon pembeli ini telah menyepakati harga, yaitu Rp 175 juta. Namun, korban mengaku baru menerima Rp 10 juta dari harga yang disepakati," kata Kombes Sumaryono di Polda Sumut, Jumat (8/12).

Dia mengungkapkan kasus sindikat perdagangan ginjal ini terungkap berkat kerja sama Polda Sumut dengan Mabes Polri yang sebelumnya telah mengungkap kasus yang sama.

"Kasus ini berhasil diungkap atas kerja sama Mabes Polri dan Polda Sumut serta koordinasi dengan Ditjen Imigrasi. Pada bulan-bulan sebelumnya Mabes Polri dan Polda Metro Jaya telah melakukan pengungkapan dan sekarang Polda Sumut melakukan karena TKP ada di Sumut," ujar Sumaryono.

Kombes Sumaryono menyebut RA menjual ginjal setelah mengikuti salah satu akun media sosial jual-beli ginjal. Saat itu korban melihat ada pembeli dan dia menyepakati menjual ginjal dengan alasan butuh uang.

Setelah menyepakati harga, korban dan pembeli sepakat berangkat ke India, rencananya operasi ginjal itu akan dilakukan di India.

Polisi menyebut otak sindikat perdagangan ginjal ini berinisial EC dan saat ini sedang berada di India. EC saat ini masih dalam pengejaran pihak kepolisian.

Polda Sumut membongkar sindikat perdagangan ginjal seharga Rp 175 juta, seorang penghubung warga Kota Medan berhasil ditangkap
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News