Polda Sumut Kerahkan Polisi Pariwisata di Objek Wisata Unggulan saat Libur Lebaran

Jumat, 12 April 2024 – 12:17 WIB
Polda Sumut Kerahkan Polisi Pariwisata di Objek Wisata Unggulan saat Libur Lebaran - JPNN.com Sumut
Petugas Polisi Pariwisata sedang berinteraksi dengan seorang wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung di Danau Toba. Foto: Dokumentasi polisi pariwisata

sumut.jpnn.com, MEDAN - Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) mengerahkan personel polisi pariwisata di beberapa objek wisata dalam menyambut libur Lebaran.

Kepala Bidang Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi mengatakan polisi pariwisata akan memberikan keamanan dan pelayanan bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

"Para personel polisi pariwisata ini dibekali kemampuan berbahasa asing untuk melayani turis mancanegara. Selain itu mereka juga dilengkapi kendaraan listrik dan segway untuk mendukung mobilitas," kata Kombes Hadi, Jumat (12/4).

Mantan Wadir Lantas Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) ini menyebut personel polisi pariwisata yang dilengkapi peralatan modern ini ditempatkan di objek wisata unggulan seperti Danau Toba, Berastagi, dan lainnya.

Kombes Hadi mengatakan polisi pariwisata tergabung dalam personel pengamanan Operasi Ketupat Toba 2024.

Operasi ini, lanjutnya, melibatkan 12.000 personel gabungan dan menyediakan puluhan pos pelayanan dan pengamanan termasuk di objek wisata.

"Kami mengimbau kepada masyarakat tetap mengutamakan keselamatan saat berkendara. Kami juga mengimbau agar pengemudi tidak mengonsumsi minuman beralkohol saat mengemudi," ujar Hadi.

Dia menyebut pengemudi harus memastikan kondisi badan bugar dan tidak terpengaruh minuman dan obat-obatan terlarang. Sebab, pelanggaran yang dilakukan satu orang dapat berakibat fatal bagi keselamatan.

Polda Sumut mengerahkan personel polisi pariwisata di beberapa objek wisata unggulan di Sumut
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia