BMKG: Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang di Sumut

Jumat, 08 Maret 2024 – 18:56 WIB
BMKG: Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang di Sumut - JPNN.com Sumut
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan prakiraan cuaca di wilayah Sumatera Utara. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini cuaca di Sumatera Utara. Masyarakat diimbau mewaspadai potensi terjadinya banjir dan longsor akibat hujan.

BMKG memprakirakan sejumlah wilayah di Sumut dilanda hujan dengan intensitas lebat disertai angin kencang yang terjadi beberapa hari ke depan.

Prakirawaan BBMKG Wilayah I Medan Defri Mandoza di Medan mengatakan dalam beberapa hari ke depa sejumlah wilayah di Sumatera Utara diguyur hujan sedang hingga lebat.

Potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang terjadi di wilayah lereng barat, pantai barat, dan lereng timur, Sumatera Utara.

"Kami mengimbau masyarakat agar tetap waspada karena hujan dengan intensitas lebat yang disertai angin kencang dapat menyebabkan banjir, longsor serta bencana hidrometeorologis lainnya," kata Defri, Jumat (8/3).

Dia menjelaskan beberapa wilayah pada siang dan sore hari diprediski akan diguyur hujan, di antaranya Pakpak Bharat, Tapanuli Tengah,Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Dairi, Humbang Hasundutan, Mandailing Natal, Karo, dan sekitarnya.

Beranjak malam hari, potensi hujan ringan hingga lebat diprediksi terjadi di Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, dan sekitarnya.

Suhu udara rata-rata 16-33.0 derajat Celcius, kelembapan udara 60-95 persen dan angin berhembus dari Barat Laut - Timur dengan kecepatan 10-30 kilometer per jam.(antara/jpnn)

BMKG mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan lebat disertai angin kencang yang dapat menyebabkan banjir dan longsor

Redaktur & Reporter : Muhlis

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News