Basarnas Medan Kirim Personel ke Lokasi Banjir Bandang di Kabupaten Persisir Selatan

Minggu, 10 Maret 2024 – 17:03 WIB
Basarnas Medan Kirim Personel ke Lokasi Banjir Bandang di Kabupaten Persisir Selatan - JPNN.com Sumut
Kantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kota Medan menurunkan enam personel guna membantu operasi pencairan korban banjir bandang dan tanah longsor yang menerjang Kabupaten Persisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar). Foto: Antara/HO-Dok Basarnas Medan.

sumut.jpnn.com, MEDAN - Kepala Basarnas Medan Mustari mengatakan pihaknya menugaskan enam personel untuk membantu memperkuat proses pencarian korban banjir bandang dan tanah longsor di Kabupaten Persisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar).

Dia menjelaskan keenam personel dari Kantor Basarnas Medan telah diberangkatkan ke Kabupaten Persisir Selatan. Bencana banjir bandang dan longsor melanda wilayah itu pada Kamis (7/3).

"Personel yang kami turunkan ke lokasi bencana dari unit siaga Mandailing Natal, berjumlah enam personel. Mereka sudah di lokasi mulai Jumat kemarin," kata Mustari, Minggu (10/3).

Mustari mengatakan pengiriman enam personel tersebut merupakan instruksi pusat karena banjir bandang dan longsor yang melanda Kabupaten Persisir Selatan termasuk skala nasional.

"Selain Medan, sejumlah daerah seperti Bengkulu, Jambi, Padang juga menurunkan personelnya dalam kejadian tersebut," ujar Mustari.

Banjir dan longsor di Kabupaten Pesisir Selatan terjadi akibat hujan ekstrem sejak Kamis (7/3).

Sebanyak 150 personel tim SAR gabungan diterjunkan untuk fokus mencari para korban banjir bandang dan tanah longsor yang dilaporkan hilang dalam kejadian tersebut.

Ratusan personel yang berasal dari satuan Kantor Basarnas Kota Padang, Medan, Bengkulu, dan Jambi tersebut masing-masing diterjunkan dengan membawa peralatan lengkap, termasuk alat sonar panas tubuh dan perangkat pesawat tanpa awak (drone).

Basarnas Medan menerjunkan enam personel ke lokasi banjir bandang dan longsor di Kabupaten Persisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar)
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News