BMKG: Terpantau 3 Titik Panas di Sumatera Utara

Jumat, 29 Maret 2024 – 16:16 WIB
BMKG: Terpantau 3 Titik Panas di Sumatera Utara - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - BMKG memantau tiga titik panas yang tersebar di beberapa wilayah di Sumatera Utara. Foto: Antara/HO

sumut.jpnn.com, MEDAN - Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan memantau tiga titik panas atau hotspot di wilayah Sumatera Utara (Sumut) bersadasarkan pantauan sensor modis berupa Satelit Tera, Aqua, SNPP, dan NOAA20.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Utami Al Khairiyah menyebut ketiga titik panas itu masing-masing berada di Kecamatan Batang Angkola - Kabupaten Tapanuli Selatan, Kecamatan Ulusan - Kabupaten Toba dan satu titik lainnya di Kecamatan Tanjung Morawa-Kabupaten Deli Serdang.

Utami mengatakan pihaknya telah menyampaikan informasi terkait titik panas tersebut kepada pemerintah dan pemangku kepentingan di masig-masing wilayah.

Dia menjelaskan dalam dua hari ke depan terutama pada pagi hari, cuaca di Sumatera Utara rata-rata berawan banyak.

"Siang dan sore hari berawan dan berpotensi hujan ringan hingga lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara," kata Utami, Jumat (29/3).

Utami menjelaskan potensi hujan dengan intensitas lebat diprakirakana terjadi di wilayah Langkat, Deli Serdang, Karo, Simalungun, Gunung Sitoli, Nias Selatan, Mandailing Natal, Tapanuli Tengah, Sibolga, Samosir, Toba dan sekitarnya.

Sedangkan beranjak malam hari, hujan ringan hingga lebat berpotensi teradi di beberapa wilayah seperti di Langkat, Karo, Simalungun, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Utara, Mandailing Natal dan sekitarnya.

Sementara suhu udara rata-rata 16–34 Derajat Celsius dengan kelembapan udara 60–95 persen dan angin berhembus dari Timur Laut-Timur dengan kecepatan 10-30 kilometer per jam.

BMKG memantau tiga titik panas di wilayah Sumatera Utara (Sumut) berikut rincian wilayahnya...
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News