BMKG Prediksi Sejumlah Wilayah di Sumut Diguyur Hujan Lebat, Waspada!

Senin, 18 Maret 2024 – 15:43 WIB
BMKG Prediksi Sejumlah Wilayah di Sumut Diguyur Hujan Lebat, Waspada! - JPNN.com Sumut
BMKG memprediksi sejumlah wilayah di Sumatera Utara berpotensi diguyur hujan ringan hingga lebat. Foto Ilustrasi: Antara/Fransiska Mariana Nuka

sumut.jpnn.com, MEDAN - Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah 2 Medan meminta warga agar mewaspadai potensi hujan dengan intensitas lebat disertai petir dan angin kencang di sejumlah wilayah di Sumatera Utara.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Utami Al Khairiyah mengatakan dalam beberapa hari ke depan sejumlah wilayah di Sumut berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang.

"Hujan lebat berpotensi terjadi di wilayah pegunungan hingga lereng barat dan pantai barat sumut. Masyarakata diminta waspada, sebab berpotensi menyebabkan banjir, longsor, dan bencana lainnya," kata Utami, Senin (18/3).

Dia menjelaskan secara umum cuaca pada pagi hari dalam dua hari ke depan di Sumatera Utara rata-rata cerah berawan.

Beranjak siang dan sore hari, cuaca diprakirakan cerah dan berpotensi hujan ringan hingga lebat yang terjadi di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) dan sekitarnya.

Pada malam hari, berawan dan berpotensi hujan ringan hingga lebat di beberapa wilayah di Sumatera Utara.

Potensi hujan terjadi di Langkat, Karo, Humbang Hasundutan, Mandailing Natal, Padang Lawas, Samosir, Toba, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, dan Dairi.

BMKG mencatat suhu udara rata-rata berada pada 18-34 derajat celsius dengan kelembapan 60-95 persen dan angin berembus dari Barat Laut - Timur 10-30 km/jam.

BMKG Prediksi sejumlah wilayah di Sumatera Utara berpotensi diguyur hujan dalam dua hari ke depan, masyarakat diminta waspada potensi bencana
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News