BMKG Imbau Masyarakat Waspadai Hujan Lebat yang Berpotensi Banjir di Sumut

Rabu, 21 Februari 2024 – 20:13 WIB
BMKG Imbau Masyarakat Waspadai Hujan Lebat yang Berpotensi Banjir di Sumut - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - BMKG mengimbau masyarakat mewaspadai dampak hujan lebat di pegunungan yang dapat menyebabkan banjir. Foto: Dokumen JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini cuaca potensi hujan lebat yang dapat menyebabkan banjir di sejumlah wilayah Sumatera Utara (Sumut) dalam dua hari ke depan.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Lestari Irene Purban menyampaikan dalam dua hari ke depan diprakirakan masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara.

“Masyarakat diminta untuk mewaspadai kondisi tersebut, karena hujan dengan intensitas lebat ini dapat berpotensi banjir dan longsor serta bencana hidrometeorologis lainnya,” kata Lestari Irene, Rabu (21/2).

Dia mengatakan hujan disertai petir dan angin kencang yang berpotensi terjadi di wilayah pegunungan, lereng barat, pantai barat, dan sebagian lereng timur.

Lestari menjelaskan cuaca di Sumatera Utara (Sumut) dalam dua hari ke depan pada pagi hari rata-rata berawan dan berpotensi hujan ringan di beberapa wilayah seperti Nias Utara, Gunung Sitoli, Nias Selatan, Nias Barat dan sekitarnya.

Beranjak siang dan sore hari, sebagian wilayah berawan dan berpotensi hujan ringan hingga lebat. Potensi hujan lebat diprakirakan terjadi di Tapanuli tengah, Sibolga, Humbang Hasundutan, Pakpak Bharat, Dairi Padang Sidempuan, Tapanuli Selatan dan sekitarnya.

“Sedangkan malam hari sebagian wilayah masih berawan dan berpotensi hujan ringan hingga lebat,” ujar Lestari Irene.

Potensi hujan ringan hingga lebat diprediksi terjadi di wilayah Langkat, Deli Serdang, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Utara, Samosir, Tapanuli Selatan, Padang Sidempuan, Mandailing Natal, Padang Lawas dan Padang Lawas Utara.

BMKG menyampaikan peringatan dini cuaca di Sumatera Utara yang berpotensi terjadinya banjir di beberapa wilayah
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News