BMKG Imbau Masyarakat Waspadai Hujan Lebat dan Angin Kencang di Sumut

Jumat, 05 April 2024 – 20:19 WIB
BMKG Imbau Masyarakat Waspadai Hujan Lebat dan Angin Kencang di Sumut - JPNN.com Sumut
BMKG memprediksi sejumlah wilayah di Sumatera Utara berpotensi diguyur hujan lebat dan angin kencang dalam dua hari ke depan. Foto Ilustrasi: Antara/Fransiska Mariana Nuka

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi hujan dengan intensitas lebat di sejumlah wilayah di Sumatera Utara (Sumut) dalam dua hari ke depan.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Endah Paramita mengimbau masyarakat mewaspadai hujan lebat yang berpotensi dapat menyebabkan banjir dan longsor.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah pantai barat dan lereng barat Sumatera Utara," kata Endah Paramita di Medan, Jumat (5/4).

Dia menjelaskan secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada pagi hari rata-rata berawan.

Beranjak siang dan sore hari, potensi hujan ringan hingga lebat terjadi di wilayah Sumatera Utara.

Potensi hujan diprakirakan terjadi di Mandailing Natal, Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Selatan, Padang Lawas Utara, Padang Lawas, Humbang Hasundutan, dan sekitarnya.

Sedangkan beranjak malam hari, diprediksi terjadi hujan ringan hingga lebat. Potensi hujan lebat terjadi di Nias Selatan, Kota Gunung Sitoli, Nias Utara, Nias Barat, dan sekitarnya.

Endah mengatakan suhu udara rata-rata berada pada 16–33.0 Derajat Celsius dengan kelembapan udara 60–95 persen. Sementara angin berhembus dari Timur Laut-Timur dengan kecepatan 10-30 kilometer per jam.

BMKG menyampaikan peringatan dini cuaca di Sumatera Utara yang berpotensi dilanda hujan dan angin kencang dalam dua hari ke depan
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News