Pencarian 10 Korban Banjir Bandang Humbahas Diperpanjang 3 Hari

Sabtu, 09 Desember 2023 – 11:30 WIB
Pencarian 10 Korban Banjir Bandang Humbahas Diperpanjang 3 Hari - JPNN.com Sumut
Kepala Kantor Basarnas Medan Budiono saat meninjau proses pencarian 10 korban banjir bandang di Desa Simangulampe, Bakti Raja, Humbang Hasundutan (Humbahas). Foto: Basarnas Medan

sumut.jpnn.com, HUMBAHAS - Kepala Kantor Basarnas Medan Budiono mengatakan proses pencarian dan pertolongan terhadap sepuluh korban banjir bandang di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), yang masih dinyatakan hilang, diperpanjang higa tiga hari ke depan.

"Pencarian hari ke tujuh yang dilakukan tim SAR gabungan sejak pagi hingga sore, belum menemukan tanda-tanda keberadaan 10 korban," kata Budiono dalam keterangan tertulis yang diterima, Sabtu (9/12).

Dia mengatakan proses pencarian korban telah difokuskan di dua lokasi, yakni di darat dan di dalam Danau Toba.

Pencarian di darat, selain menggunakan alat berat juga dilakukan secara manual yaitu dengan menguras lumpur yang menimbun rumah, gedung gereja dan sekolah.

Tim SAR gabungan juga menggunakan bantuan anjing pelacak untuk menemukan keberadaan korban.

Selain itu, lanjutnya, pencarian terhadap para korban yang belum ditemukan juga difokuskan di perairan Danau Toba menggunakan kapal RIB dan perahu LCR.

Tim SAR melakukan penyelaman dan penelusuran di permukaan perairan danau dengan membersihkan sampah yang berada di tepi Danau Toba.

Namun, hingga sore hari proses pencarian belum membuahkan hasil. Tanda-tanda keberadaan korban juga belum didapat.

Kantor Basarnas Medan memutuskan memperpanjang masa pencarian terhadap 10 korban banjir bandang Humbahas selama tiga hari ke depan, semoga korban ditemukan...
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News