Update Banjir Bandang Humbahas: Tim SAR Perluas Pencarian Korban Menjadi 6 Titik

Rabu, 06 Desember 2023 – 15:02 WIB
Update Banjir Bandang Humbahas: Tim SAR Perluas Pencarian Korban Menjadi 6 Titik - JPNN.com Sumut
Tim SAR gabungan memperluas area pencarian dan pertolongan terhadap 10 korban banjir bandang Humbang Hasundutan (Humbahas). Foto: Basarnas Medan

sumut.jpnn.com, HUMBAHAS - Tim SAR gabungan akan memperluas proses pencarian dan pertolongan terhadap sepuluh korban banjir bandang yang belum ditemukan di Desa Simangulampe Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara.

Kepala Kantor Basarnas Medan Budiono mengatakan proses pencarian dan pertolongan hari ke lima akan memfokuskan pada tiga sektor.

"Ada 538 orang dari berbagai instansi dan organisasi yang terlibat yang nantinya akan dibagi menjadi tiga sektor yang difokuskan menjadi enam titik," kata Budiono dalam keterangan tertulis, Rabu (6/12).

Dia menjelaskan sektor I akan berfokus pada pencarian di permukaan air yang dibekali peralatan seperti RIB, perahu LCR, Aqua Eye serta tim penyelam dari Basarnas dan Polairud Polda Sumut.

Sedangkan untuk sektor II fokus pencarian dari tepi jalan hingga tepi danau. Peralatan yang digunakan adalah alat berat yang didampingi tim scouting darat. Ada tiga titik yang akan menjadi lokasi pencarian.

"SRU III akan dibagi menjadi tiga titik dan melakukan pencarian menggunakan alat berat excavator dan didampingi Tim scouting darat diarea batas jalan menuju arah bukit. Selain itu tim nanti juga akan dibantu anjing pelacak dari pihak kepolisian," ungkap Budiono.

Sebelumnya, Budiono mengatakan proses pencarian dan pertolongan terhadap korban banjir bandang akan melibatkan tim penyelam khusus atau Basarnas Spesial Group (BSG) dan Polairud.

"Jika memang cuaca dan kondisi di lapangan mendukung, siang ini direncanakan akan dilakukan penyelaman oleh tim Basarnas Spesial Group (BSG) dan personel dari Polairud," kata Budiono.

Tim SAR gabungan terus memperluas area pencarian 10 korban banjir bandang di Humbang Hasundutan (Humbahas) yang belum ditemukan
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News