Peringatan Dini Cuaca di Sumut, BMKG: Sebagian Sumut Hujan Sore dan Malam Hari

Senin, 30 Oktober 2023 – 14:33 WIB
Peringatan Dini Cuaca di Sumut, BMKG: Sebagian Sumut Hujan Sore dan Malam Hari - JPNN.com Sumut
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan akan mengguyur beberapa wilayah di Sumut pada Senin (30/10) sore dan malam. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah wilayah di Sumatera Utara (Sumut) akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat pada Senin (30/10) sore dan malam.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Putri Diana Tarigan mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor.

Menurut Diana, kondisi cuaca di Sumatera Utara (Sumut) kondisi cuaca pada Senin pagi rata-rata berawan banyak.

Diana mengatakan pada siang dan sore hari diprediksi berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di sebagai wilayah Sumatera Utara.

Potensi hujan lebat diprakirakan akan terjadi di wilayah Medan, Langkat, Binjai, Deli Serdang, Karo, Simalungun, Dairi, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Humbang Hasundutan, Samosir, Pematang Siantar, Toba, dan sekitarnya.

Beranjak malam hari, potensi hujan dengan intensitas lebat di sebagian wilayah Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Padangsidempuan, Mandailing Natal, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Toba, dan sekitarnya.

“Masyarakat kami imbau agar tetap waspada karena hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang itu dapat berpotensi mengakibat bencana,” kata Putri Diana.

Diprediksi suhu udara rata-rata 18-33.0 Derajat Celcius dengan kelembapan udara 60-98 persen dan angin berembus dari Timur Laut – Tenggara dengan kecepatan 10 – 30 kilometer per jam.(antara/jpnn)

BMKG memprediksi sejumlah wilayah di Sumatera Utara (Sumut) akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat pada Senin (30/10) sore dan malam hari

Redaktur & Reporter : Muhlis

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News