BMKG: Waspada, Sebagian Wilayah Sumut Diguyur Hujan Disertai Angin Kencang

Kamis, 19 Oktober 2023 – 15:55 WIB
BMKG: Waspada, Sebagian Wilayah Sumut Diguyur Hujan Disertai Angin Kencang - JPNN.com Sumut
BMKG memprediksi sejumlah wilayah di Sumut dalam dua hari ke depan diguyur hujan lebat disertai petir dan angin kencang. Ilustrasi. Ricardo/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini cuaca di Sumatera Utara (Sumut) hari ini, Kamis (19/10). BMKG memprakirakan sebagian wilayah di Sumatera Utara akan diguyur hujan dengan intensitas lebat disertai petir dan angin kencang.

Prakirawan BBMKG Wiayah I Medan Putri Diana Tarigan mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan dan angin yang dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan pohon tumbang.

“Potensi hujan dengan intensitas lebat disertai petir dan angin kencang dapat terjadi di wilayah lereng Timur, pegunungan, lereng Barat, dan pantai Barat Sumatera Utara,” kata Putri Diana.

Dia menjelaskan secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada pagi hari berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan.

Potensi huan dapat terjadi di sebagian wilayah seperti Kepulauan Nias, Medan, Langkat, Asahan, Tanjung Balai, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Dairi, Pakpak Bharat, Sibolga dan sekitarnya.

Beranjak siang dan sore hari, kata Putri, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat bisa terjadi di sebagian wilayah di Sumatera Utara. Potensi hujan lebat diprakirakan terjadi di wilayah Kepulauan Nias, Mandailing Natal, Padanglawas, Padanglawasa Utara, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Sibolga, dan Pakpak Bharat.

Selanjutnya, potensi hujan diprakirakan terjadi di wilayah Humbang Hasundutan, Dairi, Karo, Samosir, Toba, Medan, Binjai, Langkat, Toba, Pematang Siantar, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, dan sekitarnya.

Sedangkan beranjak malam, lanjutnya, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat diprediksi terjadi di wilayah Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Sibolga, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Dairi, Karo, Samosir, Toba, Simalungun, dan sekitarnya.

BMKG memprakirakan sejumlah wilayah di Sumatera Utara dengan intensitas lebat disertai petir dan angin kencang
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News