Cuaca Sumut Hari Ini, BMKG Imbau Warga Waspadai Hujan dan Angin Kencang

Jumat, 27 Oktober 2023 – 15:07 WIB
Cuaca Sumut Hari Ini, BMKG Imbau Warga Waspadai Hujan dan Angin Kencang - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - BMKG mengimbau masyarakat di Sumatera Utara untuk mewaspadai potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor akibat hujan deras di sebagian wilayah Sumatera Utara. Foto: Dokumen JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat agar mewaspadai potensi hujan yang disertai angin kencang di sebagian wilayah Sumatera Utara (Sumut) hari ini, Jumat (27/10).

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Putri Diana Tarigan menyebut potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat menyebabkan bencana banjir dan longsor.

"Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di di wilayah Lereng Barat, Pantai Barat, pegunungan dan sebagian Lereng Timur Sumatera Utara harus diwaspadai, karena dapat mengakibatkan bencana hidrometeorologis seperti banjir dan longsor," kata Putri Diana Tarigan.

Dia menjelaskan secara umum cuaca di Sumatera Utara (Sumut) dalam dua hari ke depan pada pagi hari rata-rata berawan dan sore serta malam hari berpotensi hujan di sebagian wilayah.

Hujan lebat diprakirakan terjadi di sejumlah wilayah seperti Medan, Simalungun, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara dan sekitarnya.

Sedangkan beranjak malam hari, kata Diana, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat diprediksi akan terjadi di sebagian wilayah Sumatera Utara.

Potensi hujan lebat diprakirakan terjadi di wilayah Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Samosir, Humbang Hasundutan, Padang Sidempuan, Mandailing Natal, dan Padang Lawas Utara.

Sementara pada dini hari, lanjut Putri Diana, kondisi cuaca rata-rata berawan di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

BMKG mengimbau masyarakat di Sumatera Utara (Sumut) untuk mewaspadai potensi hujan yang terjadi hari ini di sejumlah wilayah yang dapat menyebabkan bencana
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia