Menteri Teten Tanggapi Permintaan Pedagang yang Meminta Tutup E-Commerce: Tidak Tepat

Rabu, 11 Oktober 2023 – 17:26 WIB
Menteri Teten Tanggapi Permintaan Pedagang yang Meminta Tutup E-Commerce: Tidak Tepat - JPNN.com Sumut
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyampaikan pengumuman soal Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT untuk UMKM. Foto: YouTube/JPNN

sumut.jpnn.com, BANDUNG - Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki menanggapi beberapa permintaan pedagang yang meminta penutupan semua platform perdagangan digital (e-commerce) dengan alasan sepinya pasar-pasar yang menjual produk dalam negeri seperti di Tanah Abang Jakarta dan ITC Kebon Kalapa Bandung.

Teten Masduki mengatakan permintaan tersebut tidak tepat dan menilai hanya sebagai ekspresi kemarahan dari pedagang.

“Itu tidak tepat, tapi kami bisa merasakan, itu kan ekspresi kemarahan mereka karena produk-produk UMKM dalam negeri yang dijual tidak bisa bersaing dengan masuknya barang dari luar. Jadi, bukan soal offline dan online,” kata Teten di Gedung Sabuga Bandung, Rabu (11/10).

Dia mengungkapkan bahwa pedagang di pasar tradisional sudah lama berjualan daring di hampir semua channel e-commerce, bahkan sudah ada sekitar 22 juta UMKM yang ikut berjualan daring.

Namun, kata Teten, meskipun telah memanfaatkan platform daring tetapi karena bukan influence figure, sehingga tidak ada yang menonton.

"Termasuk mereka melakukan live shopping, tapi bagaimanapun, live shopping tanpa menggunakan influence figure yang banyak followersnya kan enggak ada yang nonton, jadi di online pun kalah bersaing," ucap Teten.

Karenanya, kata Teten, pemerintah melakukan tiga hal dalam mengatur masalah ini, pertama adalah mengatur platform digital dengan melakukan pemisahan antara e-commerce dan sosial commerce.

"Kami melihat di banyak negara, pengaturan sudah masuk kepada teknologinya. Jangan sampai ada monopoli ini akan dilanjutkan. Saya kira Pak Presiden sudah memerintahkan itu dalam rapat kabinet yang lalu pada beberapa kementerian," kata Teten.

Menteri Kooperasi dan UMKM Teten Masduki menanggapi permintaan pedagang yang meminta menutup semua platform e-commerce
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News