Pemkot Medan Fasilitasi Pelaku UMKM Urus Sertifikasi Halal, Menjadi yang Pertama di Pulau Sumatra

Senin, 24 Juli 2023 – 07:00 WIB
Pemkot Medan Fasilitasi Pelaku UMKM Urus Sertifikasi Halal, Menjadi yang Pertama di Pulau Sumatra - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - Pelaku UMKM sedang melayani pengunjung Ramadhan Fair ke-XVII/2023 di Jalan Masjid Raya, Medan, Sumut. Foto: Antara/HO-Diskominfo Kota Medan

sumut.jpnn.com, MEDAN - Pemerintah Kota (Pemkot) Medan terus mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar meningkatkan kualitas produk untuk memperluas pasar. Salah satunya dengan menggratiskan pengurusan sertifikasi halal bagi produk UMKM di Kota Medan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan Wiriya Alrahman mengatakan sertifikasi halal gratis ini bertujuan untuk mendukung kemajuan UMKM lokal.

"Tidak hanya memberikan bantuan modal usaha dan alat, kami juga memfasilitasi secara gratis sertifikasi halal bagi UMKM di Kota Medan," kata Wiriya, Sabtu (22/7).

Bahkan, lanjutnya, Kota Medan tercatat menjadi kota pertama di Pulau Sumatra yang melakukan program tersebut guna mendukung UMKM.

Sertifikasi halal berperan penting bagi pelaku UMKM di Kota Medan, salah satunya menjadi syarat untuk mendaftarkan produk dalam e-Katalog Pemkot Medan.

Data Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Medan pada 2022 menyebut jumlah pelaku UMKM di aplikasi Sistem Pendataan Koperasi dan UMKM Kota Medan sebanyak 38.343 unit.

Di antaranya pelaku UMKM terdaftar sebagai binaan Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kota Medan berjumlah sebanyak 1.825 unit.

"E-Katalog merupakan fasilitas UMKM binaan Pemkot Medan untuk memasarkan dan memperkenalkan produknya," ujar dia pula.

Pemkot Medan mendorong pelaku UMKM meningkatkan kualitas produk dengan memfasilitasi pengurusan sertifikasi halal
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News