Menteri Teten Dorong Keberadaan Rumah Kemasan Dongkrak Penjualan Produk UMKM

Selasa, 30 Mei 2023 – 17:43 WIB
Menteri Teten Dorong Keberadaan Rumah Kemasan Dongkrak Penjualan Produk UMKM - JPNN.com Sumut
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki (kanan) dan Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution. Foto: Antara/Michael Siahaan

sumut.jpnn.com, MEDAN - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki mendorong keberadaan rumah produksi di beberapa wilayah di Indonesia dapat mendongkrak penjualan produk UMKM di pasaran.

Dia menyebut keberadaan rumah kemasan di beberapa wilayah di Indonesia itu penting untuk menaikkan kelas produk UMKM sehingga lebih laku.

"Dengan adanya rumah kemasan ini akan membawa setidak-tidaknya produk UMKM seperti produk UMKM Jepang," kata Teten saat berada di Medan, Senin (29/5).

Menteri yang baru saja berulang tahun ke-60 ini mengatakan melaui rumah kemasan, pelaku UMKM dapat diarahkan untuk membuat pembungkus produk yang menarik.

Dia mengatakan kemasan yang menarik menjadi hal penting karena manusia punya ketertarikan terhadap barang-barang dengan penampilan yang bisa mencuri perhatian.

Teten mencontohkan, di Jepang, pelaku UMKM mampu menghadirkan produk kuliner dengan konsep kado. Dengan membuat bungkus sedemikan rupa, sehingga orang yang memilikinya merasa itu spesial.

"Orang tergiur untuk membelinya. Padahal, rasa makanannya biasa saja," ujar Teten lagi.

Kepala Staf Kepresidenan tahun 2015-2018 ini melihat masih banyak produk kriya maupun kuliner belum dibuat secara maksimal. Padahal, secara kualitas, produk yang ada di dalamnya memiliki kualitas bagus.

Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki mendorong pelaku UMKM di Indonesia memanfaatkan keberadaan rumah kemasan untuk mendongrak penjualan produk UMKM
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News