Peringatan Dini Cuaca Sumut, BMKG: Waspada Potensi Hujan Sedang Hingga Lebat

Sabtu, 16 September 2023 – 18:49 WIB
Peringatan Dini Cuaca Sumut, BMKG: Waspada Potensi Hujan Sedang Hingga Lebat  - JPNN.com Sumut
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah di Sumatera Utara (Sumut) berpotensi diguyur hujan. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini cuaca di wiayah Sumatera Utara (Sumut) hari ini, Sabtu (16/9). Sejumlah wilayah diprediksi berpotensi diguyur hujan sedang hingga lebat.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Putri Diana Tarigan mengimbau masyarakat agar mewaspadai potensi hujan di sebagian wilayah Sumatera Utara pada sore dan malam hari.

“Hujan disertai petir dan angin kencang berpotens terjadi di lereng Timur, pegunungan, lereng Barat dan pantai Barat Sumatera Utara yang berpotensi mengakibatkan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor,” kata Putri Diana.

Dia menjelaskan bahwa secara umum kondisi cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada siang dan sore hari berawan serta berpeluang hujan ringan hingga lebat.

Potensi hujan lebat diprakirakan terjadi di Kepulauan Nias, Langkat, Binjai, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Tapanuli Utara, Padang Sidempuan, dan sekitarnya.

Beranjak malam hari, cuaca berawan dan berpeluang hujan ringan hingga lebat yang berpotensi terjadi di wilayah Binjai, Deli Serdang, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Samosir, P.adang Sidempuan, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Mandailing Natal dan sekitarnya.

Sedangkan beranjak dini hari, kondisi cuaca rata-rata berawan dan berpeluang hujan ringan di sejumlah wilayah seperti di Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Mandailing Natal.

Sementara suhu udara diperkirakan berada pada 16-33.0 Derajat Celsius dengan kelembapan udara 60-98 persen dan angin berhembus dari Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan 10-30 kilometer per jam.(antara/jpnn)

BMKG menyampaikan peringatan dini cuaca di sejumlah wilayah di Sumatera Utara (Sumut), masyrakat diminta untuk mewaspadai bencana hidrometeorologi

Redaktur & Reporter : Muhlis

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News