Prakiraan Cuaca Sumut Hari Ini, BMKG: Malam Hari Kota Medan dan Sejumlah Wilayah Diguyur Hujan

Senin, 11 September 2023 – 18:28 WIB
Prakiraan Cuaca Sumut Hari Ini, BMKG: Malam Hari Kota Medan dan Sejumlah Wilayah Diguyur Hujan - JPNN.com Sumut
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah di Sumatera Utara (Sumut) berpotensi diguyur hujan. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi Klimatoogi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini cuaca di Sumatera Utara (Sumut) pada hari ini, Senin (11/9). BMKG memprediksi sejumlah wilayah di Sumut akan diguyur hujan sedang hingga lebat.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Martha Manurung mengatakan kondisi cuaca di Sumatera Utara pada siang dan sore hari berpotensi hujan ringan hingga lebat.

Martha mengatakan hujan lebat diprediksi terjadi di wilayah Kepulauan Nias, Langkat, Deli Serdang, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbahas, Tapanuli Tengah, Sibolga, Mandailing Natal, Tapanuli Utara, Simalungun dan sekitarnya.

Beranjak malam, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat dapat terjadi di wilayah Medan, Langkat, Binjai, Deli Serdang, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbahas, Samosir, Asahan, Simalungun, Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Mandailing Natal dan sekitarnya.

Sedangkan beranjak dini hari, kondisi cuaca di Sumatera Utara berawan dan berpotensi hujan ringan di wilayah Kepulauan Nias, Pakpak Bharat, Sibolga, dan Tapanuli Tengah.

Sementara suhu udara diprediksi berada pada rata-rata 16 - 32 Derajat Celsius dengan kelembapan udara 60 - 95 persen dan angin berhembus dari Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan 10 - 30 kiometer per jam.

Atas kondisi tersebut, BMKG mengimbau masyarakat agar mewaspadai potensi hujan dengan intensitas lebat yang disertai petir dan angin kencang.

“Masyarakat diminta mewaspadai bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor,” pungkasnya.(antara/jpnn)

BMKG memprediksi sejumlah wilayah di Sumatera Utara berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat

Redaktur & Reporter : Muhlis

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News