Prakiraan Cuaca Sumut Jumat Sore, BMKG: Sebagian Wilayah Diguyur Hujan

Jumat, 08 September 2023 – 16:48 WIB
Prakiraan Cuaca Sumut Jumat Sore, BMKG: Sebagian Wilayah Diguyur Hujan  - JPNN.com Sumut
BMKG memprediksi sejumlah wilayah du Sumatera Utara akan diguyur hujan sedang hingga lebat. Ilustrasi Foto: Antara/Irsan Mulyadi

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi sejumlah wilayah di Sumatera Utara (Sumut) diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada Jumat (8/9) sore.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Budi Prasetyo mengatakan secara umum kondisi cuaca di Sumatera Utara Jumat pagi rata-rata berawan.

Beranjak siang hingga sore hari, sebagaian wilayah di Sumatera Utara berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Potensi hujan terjadi di wilayah Karo, Dairi, Samosir, Toba, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, dan Simaungun.

Hujan lebat berpotensi terjadi di daerah Tapanuli Tengah, Kepulauan Nias, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, Labuhanbatu Selatan, Padanglawas, Padanglawas Utara, dan sekitarnya.

Sementara beranjak malam hari, potensi hujan berpotensi terjadi di sejumlah wilayah di Sumatera Utara. Potensi hujan ringan hingga sedang terjadi di wilayah Kepulauan Nias, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Simalungun, Samosir, Mandailing Natal, Labuhan Batu Utara, Deli Serdang, Medan, Padang Lawas Utara, Padang Lawas dan sekitarnya.

Potensi hujan lebat berpotensi terjadi di wilayah Tapanuli Utara, Toba, Humbang Hasundutan, dan sekitarnya dan pada dini hari rata-rata berawan di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

Sementara suhu udara rata-rata 17,3 -31,9 Derajat Celsius, kelembapan udara 75-98 persen dan angin berhembus dari Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan 10-30 km/jam.

"Atas kondisi tersebut masyarakat diimbau agar waspada kemungkinan terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor.akibat hujan lebat disertai angin kencang dan petir terutama di kawasan pegunungan, Pantai Barat dan Lereng Barat Sumatera Utara," pungkasnya.(antara/jpnn)

BMKG memprediksi sejumlah wilayah di Sumatera Utara diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, berikut wilayahnya...

Redaktur & Reporter : Muhlis

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News