Kejati Sumut Eksekusi Konglomerat Medan Mujianto yang Divonis 9 Tahun ke Penjara

Selasa, 08 Agustus 2023 – 19:03 WIB
Kejati Sumut Eksekusi Konglomerat Medan Mujianto yang Divonis 9 Tahun ke Penjara - JPNN.com Sumut
Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara mengeksekusi konglomerat Medan, Mujianto dalam perkara korupsi kredit macet di Medan, Selasa (8/8/2023). Foto: Antara/HO - Kejati Sumut

sumut.jpnn.com, MEDAN - Petugas dari Bidang Intelijen Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Utara akhirnya mengeksekusi konglomerat Medan Mujianto, terpidana perkara korupsi kredit macet senilai Rp 39,5 miliar di salah satu perbankan miik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Kota Medan.

Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejati Sumut Yos Arnold Tarigan mengatakan pihaknya mengeksekusi terpidana Mujianto setelah sebelumnya mangkir dari panggilan jaksa.

“Awalnya, proses eksekusi sempat mengalami hambatan karena sejak putusan MA keluar dan proses eksekusi dilakukan terpidana mangkir dari panggilan jaksa. Namun, pada akhirnya melalui kegiatan intelijen pada Bidang Intelijen Kejati Sumut, terpidana berhasil dieksekusi,” kata Yos Tarigan, Selasa (8/8).

Yos menyebut Mahkamah Agung telah menjatuhkan vonis terhadap Mujianto dengan hukuman sembilan tahun. Atas dasar tersebut Kejati Sumut memburunya dan mengamankan yang bersangkutan.

Dia mengatakan proses eksekusi sempat mengalami hambatan lantaran terpidana konglomerat Medan itu selalu mangkir dari panggilan jaksa.

Pascaputusan kasasi, tim intelijen Bidang Intelijen Kejati Sumut mengeksekusi Mujianto di Kota Medan.

Sebelumnya Mujianto sempat ditangguhkan berdasarkan keputusan hakim dalam sidang dalam perkara kredit macet di salah satu bank BUMN di Medan. Hingga pada akhirnya hakim membacakan vonis bebebas.

“Hakim pada akhirnya membacakan vonis bebas kepada Mujianto dan JPU langsung mengajukan kasasi," ucapnya.

Kejati Sumut mengeksekusi konglomerat Medan Mujianto yang divonis sembilan tahun penjara dalam kasus korupsi kredit macet di salah satu bank BUMN
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia