Irjen Panca Sampaikan Hasil Gelar Perkara Kematian Bripka AS

Rabu, 05 April 2023 – 16:07 WIB
Irjen Panca Sampaikan Hasil Gelar Perkara Kematian Bripka AS - JPNN.com Sumut
Kapolda Sumut Irjen Panca (tengah) bersama komisioner Kompolnas Poenky Indarti (kiri) dan Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto (kanan) saat paparan hasil gelar perkara ulang kasus kematian Bripka AS. Foto: Humas Polda Sumut

sumut.jpnn.com, MEDAN - Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Panca Putra Simanjuntak menyampaikan hasil gelar perkara ulang kasus kematian Bripka Arfan Saragih alias Bripka AS, anggota Satlantas Polres Samosir yang terlibat penggelapan pajak.

Panca menyebut dalam gelar perkara ulang ini melibatkan banyak pihak mulai dari tim forensik, psikologi, ahli pidana, toksiologi, IT, serta keluarga Bripka Arfan.

"Selama 10 hari melakukan penyelidikan serta menggelar pra rekonstruksi dengan melibatkan Direktorat Reskrimum, Dit Reskrimsus, Bid Propram dan Inspektorat Polda Sumut, telah disimpulkan penyebab kematian Bripka AS," kaya Irjen Panca di Polda Sulut, Selasa (4/4) malam.

Mantan Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) ini menyebut berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan, diketahui penyebab kematian Bripka AS karena lemas setelah racun sianida masuk melalui saluran makan hingga ke lambung, lalu ke saluran napas.

Selain itu, ditemukan pendarahan pada rongga kepala akibat trauma tumpul atau benturan di kepala.

"Maksud dari benturan di kepala ini oleh para ahli mengungkap benturan yang terjadi karena kepala mendekati objek dan tidak ada luka pada bagian kulit," jelasnya.

Panca menegaskan bahwa dari hasil pemeriksaan terhadap jenazah korban tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan yang disengaja atau tanda-tanda paksaan masuknya racun sianida ke tubuh korban.

Penyidik juga menemukan fakta yang menguatkan terkait dugaan bunuh diri yang dilakukan Bripka AS, yakni bahwa sebelum meninggal dunia Bripka Arfan diketahui memesan racun sianida secara online.

Kapolda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak menyampaikan hasil gelar perkara ulang kematian Bripka AS, anggota Satlantas yang terlibat penggelapan uang pajak
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News