BMKG: Cuaca di Lokasi F1 Powerboat Cerah Berawan dan Berpotensi Hujan Ringan

Jumat, 24 Februari 2023 – 20:47 WIB
BMKG: Cuaca di Lokasi F1 Powerboat Cerah Berawan dan Berpotensi Hujan Ringan - JPNN.com Sumut
Prakiraan cuaca di Balige, Kabupaten Toba. Foto: Antara/HO-BMKG

sumut.jpnn.com, BALIGE - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan prakiraan cuaca di lokasi gelaran F1 Powerboat di Danau Toba.

Cuaca di wilayah Balige diprakirakan cerah berawan dan berpotensi hujan ringan saat gelaran F1 Powerboat Lake Toba 2023 pada 24-26 Februari.

"Insya Allah cuaca mendukung untuk perlombaan F1 Powerboat Danau Toba. Dari pagi hingga sore pada tanggal 24 hingga 26 cerah berawan dan berpotensi hujan ringan," kata Kepala BBMKG Wilayah I Medan Hendro yang ditemui di Balige, Jumat (24/2).

Dia mengatakan secara umum cuaca di Balige sangat mendukung untuk digearnya F1 Powerboat Lake Toba 2023. Namun, harus diperhatikan pergerakan arah angin yang setiap jam terus dipantau.

Oleh sebab itu, Hendro mengatakan BMKG bersama TNI AU dan BRI sudah menyiapkan teknologi modifikasi cuaca di Danau Toba.

"Bila ada potensi terjadinya cuaca ekstrim yang mengarah atau mendekati Balige, maka akan dialihkan ke tempat lain. Cuaca itu sangat dinamis, jadi segala sesuatunya harus dipantau dan diantisipasi jika ada potensi cuaca ekstrim,” bebernya.

Hendro mengatakan beberapa langkah lain yang sudah disiapkan adalah dengan memasng tujuh unit Automated Weather Observing System (AWOS) guna memonitor kecepatan angin, tinggi gelombang, temperatur dan posisi awan, baik dari arah Barat, Timur dan Selatan.

"Kami akan memantau setiap jam. Kalau ada pergerakan yang diduga cuaca ekstrim maka kami gerakkan pesawat dari Soewondo untuk menjatuhkan garam atau mengalihkannya. Kami berkolaborasi dengan BRIN dan TNI AU," pungkasnya.(antara/jpnn)

BMKG menyampaikan prakiraan cuaca di kawasan Danau Toba tempat gelaran F1 Powerboat di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara

Redaktur & Reporter : Muhlis

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia