Cegah Kerusakan Lingkungan, Yamantab Dirikan Bank Sampah di Tapanuli Tengah

Kamis, 24 November 2022 – 14:49 WIB
Cegah Kerusakan Lingkungan, Yamantab Dirikan Bank Sampah di Tapanuli Tengah - JPNN.com Sumut
Bank Sampah Yamantab (BSY) yang didirikan Yayasan Penjaga Pantai Barat untuk pengendalian dan pencemaran lingkungan di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara (Sumut). Foto: Dokumentasi Yamantab

sumut.jpnn.com, TAPANULI TENGAH - Yayasan Masyarakat Penjaga Pantai Barat (Yamantab) mendirikan bank sampah sebagai salah satu upaya mencegah pencemaran dan kerusakan lingkungan di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng).

Ketua Yamantab Damai Mendrofa mengatakan bank sampah yang diberi nama Bank Sampah Yamantab (BSY) itu berlokasi di gang Anggrek, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Pandan, Tapteng.

"Untuk awal, bank sampah ini kami dirikan dengan menyewa satu unit rumah kontrakan dan akan mengawali pengelolaan BSY di sana secara perlahan. Kami berharap ini (bank sampah) dapat berkembang melalui dukungan banyak pihak," kata Damai melalui keterangan tertulis yang diterima, Kamis (24/11).

Aktivis lingkungan ini menyebut sampah menjadi persoalan yang harus ditangani dengan kerja sama banyak pihak.

Terlebih, lanjutnya, di kawasan Pantai Barat Sumatera Utara, sampah menjadi momok yang menakutkan yang dapat mencemari perairan baik di laut, sungai dan darat yang berimplikasi terhadap kelestarian lingkungan sebagai sumber kehidupan.

"Bisa dilihat sampah terus mencemari sungai-sungai, parit, pantai dan banyak kawasan laut. Persoalan ini harus dijawab dengan banyak aksi, banyak cara, banyak pihak, dan dikerjakan dengan keseriusan dan niat yang baik," ujar Damai.

Oleh sebab itu, dia berharap dengan berdirinya Bank Sampah Yamantab (BSY) menjadi salah satu cara dalam upaya pengendalian sampah yang terus mengancam kelangsungan hidup masyarakat.

"Memang ini bukan tugas mudah, kesadaran semua pihak dibutuhkan agar sampah di sektor hulu bisa mulai tertangani. Bagaimana agar sampah sudah mulai terkendali dari rumah tangga, di perkantoran, sekolah, restoran, hotel dan lainnya. Salah satu penanganan di sektor hulu itu, yakni mulai memilah sampah," sebutnya.

Yayasan Komunitas Penjaga Pantai Barat (Yanantab) mendirikan bank sampah di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) sebagai upaya pencegah pencemaran lingkungan
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia