Banjir Terjang Kabupaten Tapteng, 3 Rumah Rusak Tertimbun Longsor

Jumat, 11 November 2022 – 23:56 WIB
Banjir Terjang Kabupaten Tapteng, 3 Rumah Rusak Tertimbun Longsor - JPNN.com Sumut
Longsor dan banjir melanda sejumlah lokasi di Kecamatan Barus Utara, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumut. Foto: Dokumentasi Pos SAR Sibolga

sumut.jpnn.com, TAPANULI TENGAH - Curah hujan dengan intensitas tinggi melanda wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara (Sumut), menyebabkan sejumlah rumah terendam banjir dan tertimbun longsor di Kecamatan Barus Utara, Jumat (11/11).

Kapolres Tapanuli Tengah AKBP Jimmy Christian Samma mengatakan saat ini pihaknya bersama unsur lainnya sedang melakukan evakuasi dan pendataan terhadap korban terdampak banjir.

"Benar (terjadi banjir dan longsor,red) di Kecamatan Barus Utara. Saat ini kami masih melakukan proses evakuasi dan pendataan," kata AKBP Jimmy Christian saat dikonfirmasi.

Dia menjelaskan selain banjir, terjadi longsor di beberapa titik salah satunya di Desa Huta Ginjang, yang menyebabkan terputusnya akses jalan menuju Kecamatan Barus Utara.

Perwira menengah Polri itu menyebut hingga saat ini belum dapat dipastikan berapa jumlah yang terdampak banjir, sebab hujan masih mengguyur wilayah tersebut.

"Belum bisa dipastikan berapa jumlah korban terdampak. Namun, yang bisa kami pastikan tidak ada korban jiwa dalam bencana banjir yang terjadi," ujarnya.

Menurutnya, saat ini Polres Tapteng dan Koramil setempat sudah mendirikan posko penanganan banjir dan longsor.

Terpisah Komandan Pos SAR Sibolga Harisusanto menyebut pihaknya mendapat informasi bahwa ada tiga rumah yang tertimbun longsor di Desa Siharbangan, Barus Utara.

Sejumlah rumah warga di Kecamatan Barus Utara, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara, terendam banjir dan tertimbun longsor

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News