KLHK Apresiasi Kontribusi PT DPM dalam Pelestarian Lingkungan

Senin, 25 September 2023 – 23:12 WIB
KLHK Apresiasi Kontribusi PT DPM dalam Pelestarian Lingkungan - JPNN.com Sumut
CEO PT Dairi Prima Mineral (DPM) Huang Yong (dua dari kiri) dan tim saat menghadiri Festival LIKE Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Foto: Dok. PT DPM

sumut.jpnn.com, MEDAN - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggelar Festival LIKE dengan mengundang berbagai aktor yang berperan dalam kelestarian lingkungan.

Dari 101 perusahaan yang diundang dalam kegiatan tersebut, salah satunya adalah PT Dairi Prima Mineral (DPM), perusahaan pertambangan Timbal dan Seng yang berbasis di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara (Sumut).

Kehadiran PT DPM ini menjadi penghargaan tersendiri bagi perusahaan, karena PT DPM adalah satunya-satunya perusahaan tambang yang belum berproduksi namun telah menunjukan kontribusi yang nyata bagi agenda pelestarian ekosistem.

Perusahaan ini berkontribusi dalam pelestarian lingkungan dengan melakukan penanaman mangrove di areal lahan seluas 60 hektar yang berjumlah 217.000 pohon mangrove jenis Rhizophora di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

"Inisiatif ini kami lakukan dengan tujuan untuk merehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS) di luar kawasan tambang. Kawasan mangrove berperan penting untuk mencegah erosi pantai, memperbaiki kualitas air dan memberikan tempat hidup yang aman bagi berbagai spesies laut," kata CEO PT DPM Huang Yong dalam keterangan yang diterima Senin (25/9).

Dia mengatakan pohon mangrove punya banyak manfaat, salah satunya sebagai penyerap karbondioksida dari udara yang dapat mengurangi dampak perubahan iklim.

Huang Yong menilai program tersebut sejalan dengan program pemerintah yang menggalakkan penanaman pohon mangrove di pesisir kepulauan di seluruh Indonesia.

"Kami juga telah berhasil menanam sedikitnya 2000 pohon di Kabupaten Dairi dan mendonasikan sedikitnya 10.000 bibit pohon kepada Pemerintah Kabupaten Dairi sejak tahun 2019," ungkap Huang.

KLHK mengundang berbagai aktor yang berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan, termasuk PT DPM dari Kabupaten Dairi
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News