Coklit di Sumut Sudah 92 Persen, KPU: Kami Pastikan Selesai Tepat Waktu

Kamis, 09 Maret 2023 – 07:00 WIB
Coklit di Sumut Sudah 92 Persen, KPU: Kami Pastikan Selesai Tepat Waktu - JPNN.com Sumut
Ketua KPU Sumatera Utara (Sumut) Herdensi. Foto: Antara/Anggi Luthfi Panggabean

sumut.jpnn.com, MEDAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara menyebut proses pencocokan dan penelitian (coklit) oleh panitian pemutakhiran data (Pantarlih) untuk Pemilu 2024 di daerah itu sudah mencapai 92 persen.

Ketua KPU Sumut Herdensi mengatakan pihaknya terus mengumpulkan data pemilih sementara dari seluruh KPU kabupaten/kota di Sumatera Utara sampai waktu yang telah ditentukan, yakni pada 14 Maret 2023.

"Insya Allah kami selalu monitor kawan kawan petugas pantarlih kabupaten/kota karena proses tahapan ini enggak boleh bergeser, dan kami memastikan proses coklit ini selesai sampai batas waktunya," kata Herdensi, Rabu (8/3).

Dia mengatakan dalam melakukan proses coklit banyak kendala yang dihadapi petugas di lapangan, terutama di perkotaan yang disebabkan mobilitas masyarakat yang cukup tinggi.

Sehingga, lanjutnya, kondisi tersebut menjadi kendala bagi petugas melakukan pencocokan dan penelitian pemilih.

"Kendalanya banyak di perkotaan karena mobilitas warga cukup tinggi, sehingga petugas pantarlih kesulitan saat masuk kompleks permukiman, dan jika sudah masuk kompleks juga susah akses ke rumah yang dituju," bebernya.

Herdensi berharap petugas Pantarlih dalam bertugas tetap menjaga komitmen dan selalu berkoordinasi dengan pihak terkait agar proses coklit terebut berjalan dengan baik.

"Dengan dinamika yang terjadi, kami berharap petugas di lapangan untuk selalu menjaga irama dan selalu berkoordinasi pemerintah setempat, seperti lurah, kepala lingkungan, dan yang lainnya," ujarnya.

KPU Sumut menyebut saat ini proses coklit oleh Pantarlih di Sumatera Utara mencapai 92 persen
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia