Hasil Rekapitulasi KPU: Golkar Raih Kursi Terbanyak di DPRD Sumut Kalahkan PDIP

Sabtu, 16 Maret 2024 – 22:05 WIB
Hasil Rekapitulasi KPU: Golkar Raih Kursi Terbanyak di DPRD Sumut Kalahkan PDIP - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - Pemungutan suara pada Pemilu 2024. Foto: Ricardo/JPNN

sumut.jpnn.com, MEDAN - Partai Golkar menjadi partai dengan perolehan suara terbanyak pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 di Provinsi Sumatera Utara dan mengalahkan perolehan suara PDI Perjuangan.

Berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi KPU Sumut, Golkar meraih 22 kursi legislatif di DPRD Provinsi Sumatera Utara.

Selain itu, partai berlambang pohon beringin ini juga meraih sebanyak 1.712.074 suara atau berhasil memperoleh delapan kursi DPR RI dari daerah pemilihan di Sumatera Utara.

Jumlah tersebut mengalahkan perolehan suara PDI Perjuangan yang hanya meraih enam kursi di DPR RI dengan perolehan 1.383.049 suara dan Partai Gerindra meraih empat kursi dengan perolehan 915.612 suara.

Sedangkan di tingkat DPRD Provinsi, Partai Golkar juga menjadi partai dengan perolehan suara terbanyak mengungguli PDI Perjuangan yang hanya memperoleh 21 kursi.

Menyusul Partai Gerindra dengan perolehan 13 kursi dan Nasdem yang hanya mengamankan 12 kursi.

Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan suara tingkat Provinsi Sumatera Utara berlangsung selama 10 hari.

KPU Provinsi Sumut telah menyerahkan hasil rapat pleno tingkat provinsi kepada KPU RI untuk dilakukan pleno tingkat nasional.

Partai Golkar memastikan diri sebagai partai dengan perolehan terbanyak di Provinsi Sumatera Utara dari hasil rapat pleno KPU Sumut
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News