Setelah 42 Tahun, Timnas Indonesia kembali Tundukkan Kuwait, Shin Tae-yong: Saya Tak Terpikir

Kamis, 09 Juni 2022 – 14:59 WIB
Setelah 42 Tahun, Timnas Indonesia kembali Tundukkan Kuwait, Shin Tae-yong: Saya Tak Terpikir - JPNN.com Sumut
Timnas Indonesia mengalahkan Kuwait pada laga Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 pada Rabu (8/6) malam waktu setempat. Foto: PSSI.org

sumut.jpnn.com, JAKARTA - Tim nasional Indonesia menorehkan sejarah baru setelah mengalahkan Kuwait dengan skor 2-1 pada laga Group A Kualifikasi Piala Asia 2023 yang berlangsung di Kuwait, Rabu (8/6) malam waktu setempat.

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong mengatakan tidak menyangka anak asuhnya itu bertarung sangat tangguh dan meraih kemenangan di Stadion Internasional I Jaber Al-Ahmad, Kuwait.

"Secara khusus, saya tidak terpikir kami bisa memenangkan pertandingan ini. Namun, selalu ada kesempatan selama pemain bekerja keras," ujar Shin usai pertandingan, dikutip dari keterangan PSSI yang diterima di Jakarta, Kamis.

Shin Tae-yong menyampaikan beberapa faktor yang menjadi keraguannya dalam pertandingan kulaifikasi tersebut. Salah satunya suhu udara yang begitu panas mencapai 40 derajat celsius.

Bahkan, Shin merasakan temperatur di dalam arena pertandingan lebih panas daripada di luar.

"Cuaca lebih panas dari yang saya perkirakan. Sangat sulit bermain dalam kondisi seperti itu," kata pria berusia 52 tahun tersebut.

Alasan kedua yaitu melihat jejak pertemuan Indonesia dan Kuwait. Sebelum laga tersebut, kemenangan terakhir Indonesia dari Kuwait terjadi pada tahun 1980 atau 42 tahun lalu.

Kuwait sejatinya unggul terlebih dahulu lewat gol yang diciptakan Yousef Al Sulaiman. Dua gol Indonesia pada laga itu dilesakkan oleh Marc Klok melalui titik penalti dan Rachmat Irianto.

Timnas Indonesia meraih hasil memuaskan pada pertandingan Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 dengan menumbangkan Kuwait. Hal tersebut menjadi sejarah baru
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News