Indonesia Dijegal Vietnam di Semifinal Piala AFF 2022, Shin Tae-young Beber Penyebabnya

Selasa, 10 Januari 2023 – 06:00 WIB
Indonesia Dijegal Vietnam di Semifinal Piala AFF 2022, Shin Tae-young Beber Penyebabnya - JPNN.com Sumut
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. Foto : Foto: ANTARA/Bayu Kuncahy

sumut.jpnn.com, HANOI - Mimpi tim nasional Indonesia merengkuh Piala AFF 2022 harus kandas setelah dijegal Vietnam pada pertandingan semifinal leg kedua dengan skor telak 2-0 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Senin (9/1).

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-young membeberkan penyebab kekalahan skuad Garuda dari timnas Vietnam. Dia menyebut salah satu faktor yang membuat Indonesia gagal menaklukkan tim lawan lantaran kurangnya adaptasi dan konsentrasi.

"Pada gol pertama, kiper kami (Nadeo Argawinata-red) keliru dalam mengatur waktu (timing) saat menangkap bola. Itu karena pemain, secara keseluruhan, belum beradaptasi maksimal dengan lapangan," ujar Shin dalam konferensi pers selepas pertandingan.

Gol pembuka Vietnam diciptakan oleh Nguyen Tien Linh saat pertandingan baru berjalan tiga menit. Tien Linh berhasil mengejar umpan lambung panjang yang dilepaskan Di Hung Dung.

Kiper Indonesia Nadeo Argawinata berupaya untuk menghalau bola dengan maju dari wilayah amannya, tetap sepakan Tien Linh datang lebih cepat.

Menurut Shin, gol tersebut dieksekusi dengan baik oleh Tien Linh. Selain soal masalah kurang adaptasi, kualitas lapangan pun membuat Vietnam mampu membuka skor.

"Kondisi lapangan stadion berbeda sekali dengan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, yang sempurna dan baik. Keadaan Stadion My Dinh bagi saya lebih baik saat di SEA Games 2021. Untuk sekarang, saya menyayangkan kondisi lapangannya. Namun, tim Vietnam sudah terbiasa dengan ini," tutur Shin.

Kemudian, gol kedua yang menjadi gol kemenangan Vietnam kembali dicetak oleh Nguyen Tien Linh pada menit ke-47 atau dua menit setelah babak kedua baru dimulai.

Timnas Indonesia harus puas dengan kekalahan dari Vietnam dengan skor 2-0 dalam laga leg kedua semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News