Kapolres Sergai Terjang Banjir Tinjau Permukiman Warga yang Terdampak di Dolok Masihul

Selasa, 20 Februari 2024 – 22:35 WIB
Kapolres Sergai Terjang Banjir Tinjau Permukiman Warga yang Terdampak di Dolok Masihul - JPNN.com Sumut
Kapolres Serdang Bedagai AKBP Oxy Yudha Pratesta (kanan) dan rombongan menerjang banjir saat mengecek kondisi permukiman warga di Desa Bukit Cermin, Kecamatan Dolok Masihul, yang direndam banjir, Selasa (20/2). Foto: Humas Polres Serdang Bedagai

sumut.jpnn.com, SERDANG BEDAGAI - Kapolres Serdang Bedagai (Sergai) AKBP Oxy Yudha Pratesta mendatangi permukiman warga di Dusun 1 dan 2 Desa Bukit Cermin, Kecamatan Dolok Masihul, yang diterjang banjir akibat luapan Sungai Barou dan jebolnya tanggul penahan, Selasa (20/2).

AKBP Oxy Yudha bersama rombongan harus menerjang banjir dengan ketinggian hampir selutut untuk menuju permukiman warga. Tiba di lokasi, rombngan meninjau kondisi sungai dan tanggul yang jebol.

“Saya menyampaikan keprihatinan kepada masyarakat yang terdampak bencana alam banjir dan berharap masyarakat bisa bersabar menghadapi cobaan ini,” kata AKBP Oxy kepada masyarakat.

Dia mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas PUPR Kabupaten Serdang Bedagai untuk menurunkan alat berat guna menegeruk sedimen di sungai.

Kapolres juga turut melakukan peninjauan jembatan Sungai Baroua dengan kondisi berisi tumpukan sampah dan batang kayu. Sementara saat meninjau bendungan Sungai Barou BWS II, debit air mulai menyusut yang semula  60 Cm menjadi 20 Cm.

Oxy juga meninjau kondisi dapur umum dan posko pengungsi untuk memastikan seluruh kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi selama proses pembersihan di areal sungai.

“Saya juga sudah meminta agar seluruh material di kanan jembatan juga harus segera di bersihkan sehingga air lancar sekaligus untuk mengantisipasi banjir susulan,” kata AKBP Oxy.

Selain itu, Oxy, Polres Serdanga Bedagai telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Serdang Bedagai agar siaga di Posko untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Dua dusun di Desa Bukit Cermin, Kecamatan Dolok Masihul, diterjang banjir akibat meluapnya Sungai Barou dan jebolnya tanggul penahan air
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News