Kopaska TNI AL Gelar Latihan Perang di Selat Sunda Selama 2 Pekan, Ini Targetnya!

Kamis, 07 Maret 2024 – 17:16 WIB
Kopaska TNI AL Gelar Latihan Perang di Selat Sunda Selama 2 Pekan, Ini Targetnya! - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - Prajurit Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Komando Armada (Koarmada) III mengikuti rangkaian latihan peperangan laut khusus. Foto: ANTARA/HO-Dinas Penerangan Koarmada III.

sumut.jpnn.com, JAKARTA - Pasukan elite TNI Angkatan Laut Komando Pasukan Katak (Kopaska) menggelar latihan peperangan laut khusus di perairan Selat Sunda dan di Pulau Sangiang, Banten, pada 26 Februari hingga Maret 2024.

Latihan perang laut ini langsung dipimpin Komandan Pusat Komando Pasukan Katak (Danpuskopaska) Laksamana Pertama TNI Baroyo Eko Basuki.

Melansir siaran resmi Dinas Penerangan TNI AL di Jakarta, Laksma Baroyo menginstruksikan jajaran prajurit TNI AL untuk mengikuti latihan dengan sungguh-sungguh karena latihan ini bertujuan memperkuat kemampuan Kopaska yang punya efek strategis untuk menjaga kedaulatan NKRI.

Pelatihan yang berlangsung selama dua pekan ini melibatkan prajurit satuan Kopaska dari Komando Armada (Koarmada) I Jakarta, Koarmada II Surabaya dan Koarmada III Sorong.

Selain itu, sejumlah alutsista udara dari Pusat Penerbangan TNI AL seperti Casa CN 212 Aviocar U-6208 dan Helikopter Panther HS-1309, ikut terlibat. Dua pesawat itu diterbangkan dari Pangkalan Udara TNI AL (Lanudal) Jakarta.

Selanjutnya, ada tiga kapal dari Pangkalan TNI AL (Lanal) Banten, yaitu KAL Combat Boat Pulau Sangiang, Patkamla RBB Peucang dan Patkamla RHIB Pulau Deli, dan beberapa perahu karet.

Latihan tahun ini dengan materi infiltrasi bawah permukaan air oleh penyelam tempur (combat diver), infiltrasi lintas permukaan dengan kraka jetboard, infiltrasi lintas udara dengan teknik terjun freefall, evakuasi medis di udara dengan helikopter dan taktik tempur satuan-satuan kecil.

Dinas Penerangan TNI AL dalam siaran pers menyebut Pulau Sangiang dan perairan Selat Sunda menjadi lokasi latihan lantaran dua wilayah itu merupakan lokasi yang strategis dan rawan.

Prajurit Kopaska TNI AL menggelar latihan di perairan Selat Sunda selama dua pekan, sejumlah alutsista diterjunkan..
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News