Mayjen TNI Widodo kepada 273 Prajurit Remaja Korps Marinir: Kalian Pasukan Pendarat, Jangan Cengeng

Senin, 08 Agustus 2022 – 08:00 WIB
Mayjen TNI Widodo kepada 273 Prajurit Remaja Korps Marinir: Kalian Pasukan Pendarat, Jangan Cengeng - JPNN.com Sumut
Sebanyak 273 prajurit remaja Korps Marinir TNI AL mengikuti prosesi pembaretan di Pantai Baruna, Jawa Timur, Sabtu. ANTARA/ HO Dinas Penerangan Korps Marinir TNI AL

sumut.jpnn.com, SURABAYA - Sebanyak 273 prajurit remaja Korps Marinir TNI Angkatan Laut menyandang baret ungu setelah dilakukan pembaretan oleh Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Putranto.

Dankomar Mayjen TNI (Mar) Widodo dalam prosesi sakral itu menegaskan bahwa prajurit Korps Marinir TNI AL adalah pasukan pendarat yang tidak cengeng, militan dan profesional.

"Selamat bergabung di Korps Baret Ungu. Kalian adalah pasukan pendarat, camkan itu. Dari pantai, kalian menyerbu dituntut untuk bertempur dan nyawa sebagai taruhannya. Jangan cengeng, jadilah prajurit militan dan profesional,” kata Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto dalam keterangan pers di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (6/8).

Para prajurit remaja itu terdiri dari, 25 perwira remaja Akademi Angkatan Laut LXVII dan 248 tamtama remaja Angkatan XLI/I Korps Marinir TNI AL.

Mayjen TNI (Mar) Widodo mengatakan pembaretan bukanlah sekadar rangkaian seremonial semata. Namun, merupakan salah satu implementasi pembinaan tradisi kultural dengan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur dalam bentuk pembinaan karakter, penanaman rasa kebanggaan, kehormatan diri dan kecintaan korps.

Menurut dia, pembaretan yang berlangsung di Pantai Baruna Kondang Iwak, Desa Tulungrejo, Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, itu diiringi gemuruh ombak besar yang tak pernah berhenti menghantam kerasnya karang hitam yang kokoh di Pantai Baruna.

"Dari tempat inilah lahir dan dikukuhkan prajurit remaja Korps Marinir yang tangguh, militan, serta pantang menyerah," tegas Mayjen Widodo.

Dia mengatakan sebelum menyandang baret ungu, prajurit telah lulus tahapan-tahapan pendidikan yang berat dan selama 12 bulan ditempa mulai dari Puslatdiksarmil.

Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Widodo menyampaikan pesan kepada ratusan prajurit remaja Korps Marinir TNI AL agar tidak cengeng
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News