Kapolri Jenderal Listyo Sigit dan Panglima TNI Jenderal Agus Sampaikan Situasi Terkini Pengamanan Pemilu

Rabu, 14 Februari 2024 – 13:27 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit dan Panglima TNI Jenderal Agus Sampaikan Situasi Terkini Pengamanan Pemilu - JPNN.com Sumut
Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo memberikan keterangan kepada wartawan usai pengecekan kesiapan pasukan pengamanan pemungutan suara Pemilu 2024 di Monas, Jakarta, Rabu (14/2/2024). Foto: Antara/Laily Rahmawaty

sumut.jpnn.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengatakan situasi pemungutan suara Pemilu 2024 di seluruh wilayah di Indonesia berjalan aman dan terkendali. Dia menyebut pihaknya akan memastikan situasi tetap kondusif hingga penghitungan.

“Sampai saat ini semua aman terkendali dan tentunya kami akan terus mengikuti sampai dengan rangkaian pencoblosan selesai, yang dilanjutkan penghitungan dan setelahnya,” kata Jenderal Listyo Sigit seusai mengecek kesiapan pasukan pengamanan Pemilu 2024 di Lapangan Monas, Jakarta, Rabu (14/2).

Dia mengatakan saat ini Polri masih bersiaga untuk mengantisipasi dampak-dampak yang terjadi setelah proses pemungutan dan penghitungan suara.

Jenderal Listyo mengatakan dalam proses pengamanan Pemilu pihaknya dibantu oleh personel TNI.

"Tentunya kami dibackup Pak Panglima, pasukan kami ditotal sekitar 260 ribu personel TNI Polri," kata Jenderal Sigit.

Personel Polri, lanjut Listyo, disiagakan di TPS dan posko komando yang sudah berdiri di sejumlah titik. Beberapa personel yang ditugaskan di TPS berjaga dan yang ada di pos komando dalam keadaan siaga.

"Apabila ada potensi gangguan kamtibmas, kami memastikan bahwa personel memahami tahapan-tahapan penggunaan kekuatan yang harus dilakukan," ujarnya.

Sementara itu, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mengatakan jumlah TNI yang dikerahkan dalam pengamanan Pemilu berjumlah 90 ribu prajurit Bantuan kendali operasi (BKO) di seluruh wilayah Indonesia.

Kapolri dan Panglima TNI menyampaikan situasi di seluruh wilayah di Indonesia dalam keadaan aman dan kondusif selama proses pemungutan suara Pemilu 2024
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News