Banjir Bandang Humbahas, 12 Korban Hilang, Tim SAR Lakukan Pencarian

Sabtu, 02 Desember 2023 – 14:27 WIB
Banjir Bandang Humbahas, 12 Korban Hilang, Tim SAR Lakukan Pencarian - JPNN.com Sumut
Tim SAR gabungan masih melakukan proses pencarian terhadap korban banjir bandang dan longsor di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sabtu (2/12). Foto: Basarnas Medan

sumut.jpnn.com, HUMBAHAS - Banjir bandang disertai longsor menerjang kawasan permukiman di Desa Simangulampe, Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara, Jumat (1/12) malam. Dalam peristiwa tersebut 12 korban dinyatakan hilang.

Kepala Kantor Basarnas Medan Budiono mengatakan bencana banjir bandang dan longsor tersebut terjadi pada pukul 21.30 WIB. Saat ini tim SAR gabungan masih melakukan operasi pencarian para korban.

"Kami sudah mengerahkan personel dari Pos SAR Parapat Danau Toba dengan berbagai alat yang dibutuhkan untuk proses pencarian," kata Budiono dalam keterangan tertuli yang diterima, Sabtu (2/12).

Budiono menjelaskan proses pencarian para korban terkendala lantaran material longsor dan banjir merupakan batuan besar.

Batuan besar tersebut menutup akses menuju lokasi dan sehingga proses pencarian membutuhkan waktu yang lama.

"Selain menggunakan excavator, tim juga harus menyingkirkan material yang merupakan batuan secara manual untuk membuka akses pencarian di lokasi. Saat ini tim masih berupaya semaksimal mungkin melakukan pencarian dengan harapan seluruh korban secepatnya ditemukan," kata Budiono.

Budiono menjelaskan untuk mempermudah proses pencarian, Pos SAR Parapat Danu Toba mengerahkan drone dengan teknologi tinggi ke lokasi yang belum bisa diakses melalui darat.

Dia menyebut laporan banjir disertai longsor diterima pihaknya setelah Desa Simangulampe, Kecamatan Bakti Raja, pada Jumat malam dilanda hujan deras yang menyebabkan banjir.

Banjir bandang dan longsor menerjang permukiman warga di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) pada Jumat (1/12) malam, sebanyak 12 orang dinyatakan hilang
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News