BMKG Minta Warga Sumut Waspada Hujan Lebat yang Berpotensi Banjir

Senin, 06 November 2023 – 14:39 WIB
BMKG Minta Warga Sumut Waspada Hujan Lebat yang Berpotensi Banjir - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - BMKG mengimbau masyarakat di Sumatera Utara untuk mewaspadai potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor akibat hujan deras di sebagian wilayah Sumatera Utara. Foto: Dokumen JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat di Sumatera Utara (Sumut) untuk mewaspadai potensi bencana alam banjir akibat hujan lebat yang terjadi hari ini, Senin (6/11).

BMKG memprediksi hujan lebar berpotensi terjadi di sebagian wilayah Sumatera Utara (Sumut).

"Waspada potensi hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah pegunungan, pesisir Timur, Barat Sumut, yang berpotensi mengakibatkan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor," kata prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Endah Paramita.

Dia menjelaskan secara umum cuaca di Sumatera Utara pada pagi rata-rata berawan banyak.

Sedangkan beranjak siang dan sore hari, diramal sejumlah wilayah akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat.

Potensi hujan akan terjadi di sebagian besar wilayah Sumatera Utara, seperti Kepulauan Nias, Tapanuli Tengah, Sibolga, Mandailing Natal, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Dairi, Karo, Padang Lawas, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu, Langkat, Binjai, Medan, Asahan, Tanjungbalai dan sekitarnya.

Sementara beranjak malam hari, sebagian wilayah diprediksi akan diguyur hujan dengan intensitas ringan. Potensi hujan akan terjadi di wilayah Kepulauan Nias, Pakpak Bharat, Tapanuli Tengah, Mandailing Natal, Humbang Hasundutan, Padang Sidempuan, Padang Lawas, Labuhanbatu Selatan, Tapanuli Selatan, dan sekitarnya.

Beranjak dini hari, lanjutnya, sebagian besar wilayah di Sumatera Utara dalam kondisi berawan.

BMKG mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi bencana alam akibat hujan yang diprediksi mengguyur sejumlah wilayah di Sumatera Utara (Sumut)
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News