Prakiraan Cuaca Sumut Hari Ini, BMKG: Jumat Sore dan Malam Hari Berpotensi Hujan Lebat

Jumat, 03 November 2023 – 17:27 WIB
Prakiraan Cuaca Sumut Hari Ini, BMKG: Jumat Sore dan Malam Hari Berpotensi Hujan Lebat - JPNN.com Sumut
Pengendara sepeda motor melintasi jalan yang terendam banjir di Medan, Sumatera Utara, Senin (25/9/2023). Sumber: ANTARA FOTO/Fransisco Carolio

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi sejumlah wilayah di Sumatera Utara (Sumut) berpotensi diguyur hujan lebat pada Jumat (3/11) sore dan malam hari.

BMKG mengimbau masyarakat untuk mewaspadai dampak hujan lebat di pegunungan yang dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Putri Diana Tarigan menjelaskan secara umum kondisi cuaca di Sumatera Utara pada pagi dalam keadaan berawan.

Sedangkan beranjak siang dan sore hari, sebagian besar wilayah Sumatera Utara berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat.

Diana mengatakan potensi hujan lebat diprediksi dapat terjadi di wilayah Langkat, Medan, Karo, Pematang Siantar, Simalungun, Pakpak Bharat, Samosir, Toba, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Sibolga, Padangsidempuan, Kepulauan Nias, Mandailing Natal, Padang Lawas.

Sementara pada malam hari, lanjut Putri Diana, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat masih terjadi di sebagian wilayah Sumatera Utara.

Potensi hujan lebat diramal terjadi di wilayah Langkat, Deli Serdang, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Pakpak Bharat, Mandailing Natal, dan sekitarnya.

Pada dini hari kondisi cuaca di Sumatera Utara cenderung berawan dan berpotensi terjadi hujan ringan di sebagian wilayah seperti Langkat, Medan, Binjai, Tanjung Balai, Asahan, Batubara, Labuhanbatu, dan Labuhanbatu Selatan.

BMKG memprediksi sejumlah wilayah di Sumatera Utara akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada sore dan malam hari
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News