Peringatan Dini Cuaca Hari Ini, BMKG: Waspada Hujan Lebat di Pegunungan Sumut

Rabu, 18 Oktober 2023 – 15:13 WIB
Peringatan Dini Cuaca Hari Ini, BMKG: Waspada Hujan Lebat di Pegunungan Sumut - JPNN.com Sumut
BMKG mengimbau masyarakat mewaspadai potensi hujan lebat di pegunungan yang bisa menyebabkan banjir dan longsor. Ilustrasi Foto: Antara/Irsan Mulyadi

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini cuaca di Sumatera Utara (Sumut) hari ini, Rabu (18/10). BMKG memprediksi hujan dengan intensitas lebat terjadi di kawsan pegunungan.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Utami Al Khairiyah meminta masyarakat mewaspadai potensi hujan lebat yang dapat menyebabkan banjir dan longsor.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas lebat di wilayah pegunungan, Lereng Timur, Pantai Barat dan Lereng Barat Sumatera Utara yang dapat berpotensi mengakibatkan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor," kata Utami Al Khairiyah.

Utami menjelaskan secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua haru ke depan pada pagi hari berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan di wilayah Kepulauan Nias dan sekitarnya.

Beranjak siang dan sore hari, berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

Potensi hujan lebat dapat terjadi di wilayah Kepulauan Nias, Mandailing Natal, Padang Lawas, Padanglawas Utara, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Sibolga, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Dairi, Karo, Samosir, Toba, Medan, Deli Serdang, Langkat, Toba dan sekitarnya.

Sedangkan beranjak malam hari, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara.

Hujan lebat berpotensi terjadi di wilayah Kepulauan Nias, Mandailing Natal, Padang Lawas,Padanglawas Utara, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Sibolga, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Dairi, Karo, Samosir.

BMKG mengimbau masyarakat di Sumatera Utara untuk mewaspadai potensi hujan lebat di pegunungan yang dapat menyebabkan banjir dan longsor
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News