BMKG: Waspada Potensi Bencana Alam dampak Hujan Lebat di Sebagian Wilayah Sumut

Rabu, 11 Oktober 2023 – 16:22 WIB
BMKG: Waspada Potensi Bencana Alam dampak Hujan Lebat di Sebagian Wilayah Sumut - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - BMKG mengimbau masyarakat di Sumatera Utara untuk mewaspadai potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor akibat hujan deras di sebagian wilayah Sumatera Utara. Foto: Dokumen JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat untuk mewaspadai potensi bencana hidromemeteorologi, seperti banjir dan longsor akibat hujan lebat yang diprediksi terjadi di sebagian wilayah Sumatera Utara (Sumut).

“Warga diminta untuk selalu waspada potensi hujan dengan intensitas lebat di wilayah pantai Timur, lereng Timur, pegunungan dan lereng Barat Sumatera Utara yang dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi,” kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Lestari Irene Purba, Rabu (11/10).

Dia menjelaskan secara umum cuaca di Sumut hari ini pada pagi rata-rata berawan dan hujan ringan di sebagian lainnya. Potensi hujan berpeluang terjadi di wilayah Tebing Tinggi, Serdang Bedagai, Asahan, Labuhanbatu, Tapanuli Tengah, Sibolga, Humbang Hasundutan, Tapanuli Selatan, dan dan sekitarnya.

Sedangkan pada siang dan sore hari, lanjutnya, berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumatera Utara. Hujan lebat diprediksi terjadi di wilayah Langkat, Pakpak Bharat, Tapanuli Tengah, Sibolga, Binjai, Tapanuli Selatan, dan sekitarnya.

Sementara beranjak malam hari, potensi hujan sedang hingga lebat masih akan terjadi di beberapa wilayah seperti Langkat, Batubara, Asahan, Tanjung Balai, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Samosir, Toba, Simalungun, Tapanuli Tengah.

Kemudian, berpotensi terjadi di Tapanuli Selatan, Sibolga, Padangsidempuan, Mandailing Natal, Tapanuli Utara, Padang Lawas, Kepulauan Nias, Labuhan Batu, Labuhanbatu Utara, dan sekitarnya.

Beranjak dini hari, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang kembali terjadi di sebagian wilayah seperti Batubara, Asahan, Tanjung Balai, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Samosir, Toba, Simalungun, Tapanuli Utara, Labuhanbatu Utara, Kepulauan Nias, Labuhan Batu, dan sekitarnya.

Suhu udara diprediksi berada pada 17-34.0 Derajat Celsius dengan kelembapan 60-97 persen dan angin diprediksi berembus dari Tenggara-Barat Daya dengan kecepatan 10-30 Km per jam.(antara/jpnn)

BMKG mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor akibat hujan lebat

Redaktur & Reporter : Muhlis

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News