Waspada Bahaya Gawai, Gangguan Penglihatan Anak Usia Sekolah Meningkat

Sabtu, 23 September 2023 – 07:00 WIB
Waspada Bahaya Gawai, Gangguan Penglihatan Anak Usia Sekolah Meningkat - JPNN.com Sumut
Ilustrasi anak main gadget. Foto: Hellosehat

sumut.jpnn.com, YOGYAKARTA - Ikatan Profesi Optometris Indonesia (IROPIN) menyampaikan kasus gangguan penglihatan pada anak usia sekolah meningkat. Hal tersebut diduga akibat frekuensi penggunaan gawai terlebih selama masa pandemi Covid-19.

Sekretaris IROPIN Kastam mengatakan tren peningkatan gangguan penglihatan pada anak karena kelainan refraksi, terindikasi dari hasil penapisan yang dilakukan organisasi itu pada tahun ini di sejumlah wilayah.

"Dalam proses pengumpulan data ini memang didapatkan faktor signifikan, terutama dalam dua tahun setelah pandemi. Mungkin karena pembelajaran jarak jauh sehingga setiap hari anak-anak di depan gadget (gawai). Hal ini sangat memicu peningkatan gangguan refraksi," kata Kastam di Yogyakarta, Jumat (22/9) malam.

Ketua Umum IROPIN Nova Joko Pamungkas menjelaskan berdasarkan hasil pengumpulan data sementara pada 2023, dari rata-rata 1.000 anak yang mengikuti penapisan, tercatat 350 sampai 400 anak mengalami gangguan penglihatan karena refraksi sehingga membutuhkan kacamata.

Pengumpulan data itu terus dilakukan selama program bantuan 50.000 bingkai kacamata oleh IROPIN pada tahun 2023 yang telah diakui Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

"Hingga kini telah tersalurkan sebanyak 17.000 unit bingkai kacamata," katanya.

Meski pengumpulan data masih berjalan, Nova menambahkan persentase gangguan penglihatan akibat kelainan refraksi pada anak usia sekolah mencapai 35 sampai 40 persen.

Data tersebut mengalami peningkatan signifikan jika dibandingkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2012 yang mencatatkan prevalensi 24,7 persen.

IROPIN menyebut dari hasil pengumpulan data diketahui jumlah anak usia sekolah yang mengalami gangguan penglihatan meningkat, waspada!
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News