BMKG: Sumut Berpotensi Hujan Lebat Hari Ini, Waspada Banjir!

Selasa, 05 September 2023 – 08:40 WIB
BMKG: Sumut Berpotensi Hujan Lebat Hari Ini, Waspada Banjir! - JPNN.com Sumut
BMKG memprediksi bahwa sejumlah wilayah di Sumatera Utara (Sumut) akan diguyur hujan. Foto: Antara

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara (Sumut) yang dapat menyebabkan banjir.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Budi Prasetyo mengatakan dalam dua hari ke depan potensi hujan lebat akan terjadi di Sumatera Utara.

Potensi hujan lebat dapat terjadi di wilayah kepulauan Nias, pegunungan, Pantai Barat, Lereng Barat, dan Lereng Timur Sumatera Utara.

"Atas kondisi tersebut masyarakat diimbau untuk waspada, karena hujan dengan intensitas lebat tersebut berpotensi mengakibatkan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor," kata Budi Prasetyo, Selasa (5/9).

Dia menjelaskan kondisi cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan secara umum pada pagi hari berpotensi hujan ringan. Hujan ringan dapat terjadi di wilayah Kepulauan Nias, Langkat, dan sekitarnya.

Beranjak siang dan sore hari, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat akan terjadi di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

Hujan lebat diprediksi akan terjadi di daerah Dairi, Pakpak Bharat, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan, Samosir, Simalungun, Toba dan sekitarnya.

Sementara beranjak malam hari, potensi hujan ringan hingga lebat akan terjadi di beberapa wilayah di Sumatera Utara.

BMKG memprediksi sejumlah wilayah di Sumatera Utara (Sumut) akan dilanda hujan lebat, masyarakat diminta waspadai potensi banjir dan longsor
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia