Prakiraan Cuaca di Sumut Hari Ini, BMKG: Waspada Hujan Lebat di Pegunungan yang Berpotensi Banjir

Senin, 28 Agustus 2023 – 11:12 WIB
Prakiraan Cuaca di Sumut Hari Ini, BMKG: Waspada Hujan Lebat di Pegunungan yang Berpotensi Banjir - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - BMKG mengimbau masyarakat di Sumatera Utara untuk mewaspadai potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor akibat hujan deras di pegunungan. Foto: Dokumen JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini cuaca di Sumatera Utara (Sumut) hari ini, Senin (28/8). Sejumlah wilayah di Sumut diprediksi akan diguyur hujan lebat, masyarakat diminta agar mewaspadai potensi banjir.

“Waspada hujan lebat yang terjadi di pegunungan, lereng Timur dan lereng Barat, yang berpotensi mengakibatkan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor,” kata prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Utami Al Khairiyah di Medan, Senin.

Utami menyampaikan berdasarkan data, secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada pagi hari cerah berawan.

Sementara beranjak siang dan sore hari, sebagian besar wilayah di Sumatera Utara berpotensi hujan ringan hingga lebat. Potensi hujan lebat dapat terjadi di wilayah Langkat, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Kepulauan Nias dan Mandailing Natal.

Malam hari, potensi hujan ringan hingga lebat diperkirakan akan mengguyur sebagian besar wilayah di Sumatera Utara.

Hujan lebat berpotensi terjadi di wilayah Langkat, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Kepulauan Nias, Samosir, Tapanuli Utara Tapanuli Tengah, Sibolga, Mandailing Natal, Pematang Sidempuan, dan sekitarnya.

Sedangkan dini hari, cuaca berawan dan berpeluang hujan ringan di wilayah Langkat, Medan, Kepulauan Nias dan sekitarnya.

Sementara suhu udara rata rata 16.0 – 31.0 Derajat Celcius, kelembapan udara 60 – 98 persen, angin berhembus dari Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.(antara/jpnn)

BMKG memprediksi sejumlah wilayah di Sumatera Utara (Sumut) akan diguyur hujan lebat pada sore dan malam hari, masyarakat diminta waspadai potensi banjir

Redaktur & Reporter : Muhlis

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia