Prakiraan Cuaca di Sumut Hari Ini, BMKG: Sebagian Wilayah Diguyur Hujan Lebat pada Sore Hari

Senin, 04 September 2023 – 17:24 WIB
Prakiraan Cuaca di Sumut Hari Ini, BMKG: Sebagian Wilayah Diguyur Hujan Lebat pada Sore Hari - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - BMKG memprediksi sejumlah wilayah di Sumut akan diguyur hujan ringan hingga lebat yang berpotensi banjir dan longsor. Foto: tangkapan layar

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofika (BMKG) memprediksi sejumlah wilayah di Sumatera Utara (Sumut) akan diguyur hujan dengan intensitas lebat diiringi petir dan angin kencang pada Senin (4/9) sore dan malam hari.

BBMKG Wilayah I Medan mengimbau masyarakat untuk mewaspadai dampak bencana hidrometeorologi seperti longsor dan banjir.

“Waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Sumatera Utara yang berpotensi mengakibatkan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor," kata prakirawan BBMKG Medan Nora Sinaga.

Dia menjelaskan pada siang dan sore hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat diprakirakan akan terjadi di wilayah Mandailing Natal, Padang Lawas dan sekitarnya.

Sementara beranjak malam, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat diprediksi akan terjadi di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

Hujan lebat, lanjutnya, diperkirakan akan terjadi di daerah Langkat, Binjai, Medan, Humbang Hasundutan, Dairi, Pakpak Bharat, Simalungun, Mandailing Natal, Padang Lawas dan sekitarnya.

Sedangkan pada dini hari, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di daerah Langkat, Binjai, Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Limapuluh dan sekitarnya.

Sementara suhu udara diperkirakan berada pada 17.0 - 33.0 Derajat Celsius dengan kelembapan udara 75 - 95 persen dan angin berhembus dari Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan 10 - 30 km/jam.(antara/jpnn)

BMKG memprediksi sejumlah wilayah di Sumatera Utara akan diguyur hujan lebat yang berpotensi menyebabkan bencana longsor dan banjir

Redaktur & Reporter : Muhlis

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News