9 Produk UMKM Kota Medan Tembus Pasar Internasional

Jumat, 10 Maret 2023 – 20:03 WIB
9 Produk UMKM Kota Medan Tembus Pasar Internasional - JPNN.com Sumut
Wali Kota Medan Bobby Nasution (kanan) sedang berdiskusi eksportir sapu lidi di Medan, Sumut, Kamis (9/3/2023). Foto: antara/HO-Diskominfo Kota Medan

sumut.jpnn.com, MEDAN - Pemerintah Kota (Pemkot) Medan sukses mendorong sembilan produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) menembus pasar global dalam pemulihan ekonomi nasional.

Kadis Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kota Medan Benny Iskandar Nasution mengatakan produk UMKM yang akan diekspor ke beberapa negara tujuan, seperti Jepang, India, Belanda, dan Amerika.

"Insya Allah setiap bulan ada terus yang akan diekspor. Ini merupakan ekspor pertama yang diluncurkan oleh bapak Wali Kota Bobby Nasution," kata Benny Iskandar, Kamis (9/3).

Dia mengatakan pihaknya selalu melakukan pembinaan terhadap pelaku UMKM dalam hal pengemasan, rasa, kualitas dan kuantitas, agar dapat bersaing dengan produk luar negeri.

Adapun sembilan produk pelaku UMKM yang diekspor yakni 5 ton kulit pinus negara tujuan Jepang, 2 ton sekam tujuan Jepang, dan 500 kilogram daun kelor tujuan Australia.

Selanjutnya 20 ton sapu lidi tujuan India, 300 kilogram sambal gerilya tujuan Belanda dan 700 kilogram bunga telang negara tujuan Arab Saudi.

Kemudian 500 kilogram gula aren dan aren cair tujuan Belanda, 19 ton kopi tujuan Amerika, serta1.000 helai kain Ulos dengan negara tujuan Zimbabwe dan Jerman.

"Alhamdulillah produk UMKM kita terpilih. Ada banyak item, hanya saja persyaratan agak ribet dan rumit. Itu yang harus kita tempuh, sehingga produk UMKM binaan kita bisa diekspor," paparnya.

Pemkot Medan berhasil mendorong 9 produk UMKM mampu menembus pasar internasional
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News