Menteri Teten Masduki: Kampus Harus Ciptakan Wirausaha Muda

Selasa, 16 Mei 2023 – 13:13 WIB
Menteri Teten Masduki: Kampus Harus Ciptakan Wirausaha Muda - JPNN.com Sumut
Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki (kanan) memegang produk kopi Sidikalang dari salah satu pelaku UMKM Sumatera Utara di Auditorium Universitas Sumatera Utara (USU). Foto: ANTARA/Michael Siahaan

sumut.jpnn.com, MEDAN - Menteri Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Teten Masduki mendorong kampus menjadi tempat menciptakan wirausaha muda.

Dia mengatakan saat ini Indonesia membutuhkan lebih banyak wirausaha untuk memperkuat ekonomi nasional.

"Kampus mesti dapat menciptakan 'entrepreneur' yang bisa menciptakan lapangan kerja," ujar Teten dalam acara "Kick Off Peningkatan Kapasitas Start Up dan Workshop Entrepreneur Hub Sumatera Utara" di Auditorium Universitas Sumatera Utara (USU), Medan, Senin (15/5).

Teten melanjutkan, saat ini rasio kewirausahaan Indonesia baru 3,47 persen, padahal agar dianggap negara maju rasio wirausaha sebuah negara mesti minimal empat persen.

"Bahkan di negara-negara maju, 'entrepreneur' itu rata-rata 12 persen rasionya dari jumlah penduduk," ungkapnya.

Oleh sebab itu, Kepala Staf Kepresidenan periode 2015-2018 ini diberikan tugas oleh Presiden Jokowi untuk mewujudkan target rasio kewirausahaan 3,95 persen dengan cara menciptakan satu juta jiwa wirausaha baru sampai tahun 2024.

Hal itu tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional Tahun 2021-2024.

Dia mengatakan untuk mewujudkan kewajiban tersebut, Kementerian Koperasi dan UMKM juga bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian BUMN serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki mendorong kampus menciptakan wirausaha muda untuk memperkuat ekonomi nasional
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News