Basarnas Medan Evakuasi Penumpang Kapal KM Maharani Sempurna yang Karam di Selat Malaka

Kamis, 13 April 2023 – 23:09 WIB
Basarnas Medan Evakuasi Penumpang Kapal KM Maharani Sempurna yang Karam di Selat Malaka - JPNN.com Sumut
Tim SAR mengevakuasi korban kapal KM Maharani Sempurna yang tenggelam di Selat Malaka. Foto: Humas Basarnas Medan

sumut.jpnn.com, BELAWAN - Tim penyelamat dari Basarnas Medan dan Polairud Polda Sumut mengevakuasi belasan penumpang KM Maharani Sempurna, Kamis (13/4).

Kepala Basarnas Medan Budiono mengatakan kapal yang ditumpangi 12 korban itu bertolak dari Malaysia menuju Aceh dan karam di Selat Malaka.

"Tim Basarnas Medan bersama Polairud Polda Sumut tiba di lokasi pada pukul 15.25 WIB yang berjarak 25 NM dari dermaga Pelabuhan Belawan," kata Budiono melalui keterangan tertulis yang diterima.

Dia menjelaskan tim langsung bergabung dengan ABK kapal SAR 203 untuk melakukan evakuasi penumpang kapal yang sudah berada di kapal nelayan.

Budiono mengatakan kapal KM Maharani Sempurna yang ditumnpangi 12 orang termasuk nakhoda bertolak dari Malaysia pada Selasa 11 April 2023 sekira pukul 21.30 WIB.

Namun, saat tiba di lokasi pada Kamis sekira pukul 05.00 WIB, kapa mengalami mati mesin dan bocor hingga akhirnya tenggelam di Selat Malaka.

Sepuluh penumpang berhasil diselamatkan oleh kapal nelayan yang melintas dan melaporkan kejadian tersebut ke kantor Basarnas Medan. Sementara satu korban yang masih balita meninggal dunia dan nakhoda belum ditemukan.

"Tim langsung mengevakuasi seluruh korban yang selamat dan yang meninggal dunia dari Kapal Nelayan ke Kapal SAR RB 203 selanjutnya dibawa menuju dermaga Pelabuhan Belawan dan diserahkan kepada pihak Polairud Polda Sumut untk diproses lebih lanjut," ungkapnya.

Basarnas Medan mengevakuasi belasan penumpang kapal KM Maharani Sempurna yang karam di Selat Malaka
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News