Update Banjir Bandang Humbahas: Tim SAR Lanjutkan Pencarian 10 Korban

Senin, 11 Desember 2023 – 11:23 WIB
Update Banjir Bandang Humbahas: Tim SAR Lanjutkan Pencarian 10 Korban  - JPNN.com Sumut
Penampakan kondisi permukiman warga di Desa Simangulampe, Kecamatan Bakti Raja, Humbahas, pascaditerjang banjir bandang, Jumat (1/12). Foto: Basarnas Medan

sumut.jpnn.com, HUMBAHAS - Tim SAR gabungan melanjutkan pencarian para korban banjir bandang di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) hari ini. Pencarian 10 korban telah memasuki hari ke-10 sejak bencana alam menerjang permukiman warga di Desa Simangulampe, Kecamatan Bakti Raja, Jumat (1/12).

Kepala Kantor Basarnas Medan Budiono mengatakan tim SAR akan melanjutkan pencarian di lokasi dengan mempersempit ruang pencarian menjadi tiga titik.

"Memasuki hari kesepuluh, pencarian dan pertolongan masih terus dilakukan baik di air maupun di darat," kata Budiono dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin (11/12).

Dia mengatakan tim SAR akan mempersempit fokus pencarian baik di darat maupun di perairan Danau Toba.

Proses pencarian para korban, lanjutnya, akan dilaksanakan menjadi 3 sektor. Sektor I akan melakukan pencarian di permukaan air menggunakan 1 unit RIB dan 2 unit perahu LCR dan alat pendeteksi sonar bawah air.

"Tim penyelam juga akan terus bekerja mencari korban di bawah air. Hari ini juga akan dilakukan proses pengangkatan pohon yang tumbang di tepi Danau Toba untuk mencari korban," ujar Budiono.

Sementara sektor II akan melakukan pencarian dengan menguras material banjir dari dalam gedung sekolah dan rumah warga dengan bantuan alat berat. Pencarian juga dibantu dengan anjing pelacak.

Sedangkan sektor III masih terus melakukan pencarian dengan memindahkan material bebatuan menggunakan eskavator dan personel scouting darat.

Pencarian 10 korban banjir bandang di Humbang Hasundutan (Humbahas) telah memasuki hari kesepuluh, tim SAR masih melanjutkan pencarian dengan mempersempit fokus
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News