Prakiraan Cuaca Sumut, BMKG Imbau Warga Waspadai Hujan di Pegunungan dan Potensi Banjir

Sabtu, 11 Maret 2023 – 17:35 WIB
Prakiraan Cuaca Sumut, BMKG Imbau Warga Waspadai Hujan di Pegunungan dan Potensi Banjir - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - Banjir merendam akses jalan di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) setelah diguyur hujan di pegunungan beberapa waktu lalu. Foto: Dokumen JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta warga mewaspadai potensi hujan lebat di pegunugan Sumatera Utara (Sumut) yang dapat menyebabkan banjir.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Martha Manurung mengatakan sebagian wilayah di Sumatera Utara berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, disertai angin kencang dab badai petir.

"Waspada hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang dan badai petir di wilayah Pantai Barat, Lereng Barat, pegunungan dan sebagian Lereng Timur Sumatera Utara," kata Martha, Sabtu (11/3).

Dia menjelaskan secara umum cuaca di Sumut dalam dua hari ke depan pada pagi hari akan berawan dan berpeluang hujan ringan.

Kondisi tersebut dapat terjadi di Kepulauan Nias dan Labuhanbatu Utara, serta Labuhanbatu.

Beranjak siang dan sore hari, kondisi cuaca di Sumut diprediksi berawan dan berpotensi hujan sedangan hingga lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara.

Potensi hujan lebat diprediksi terjadi di wilayah Kepulauan Nias, Langkat, Kota Medan, Deli Serdang, Batubara, Asahan, Toba, Padang Lawas, Tapanuli Selatan, Madina, Simalungun.

Sedangkan beranjak malam hari, hujan sedang hingga lebat diprediski akan mengguyur sebagian besar wilayah Sumatera Utara, yakni wilayah Pakpak Bharat, Karo, Dairi, Tapanuli Utara, Mandailing Natal dan Humbang Hasundutan.

BMKG menyampaikan peringatan dini kepada masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan lebat di pegunungan yang dapat menyebabkan banjir
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News