BMKG Prediksi Hujan Lebat dan Angin Kencang Landa Sumut, Berikut Wilayahnya

Selasa, 17 Januari 2023 – 14:30 WIB
BMKG Prediksi Hujan Lebat dan Angin Kencang Landa Sumut, Berikut Wilayahnya - JPNN.com Sumut
Cuaca mendung yang berpotensi turun hujan. Foto: Antara

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi sejumlah wilayah di Sumatera Utara (Sumut) akan diguyur hujan lebat disertai angin kencang, pada sore hingga malam hari.

Prakirawan BMKG Wilayah I Medan Aryo Prasetyo Mulyo meminta warga di sebagian wilayah Sumut untuk mewaspadai potensi hujan lebat disertai guntur dan angin kencang.

"Waspada potensi hujan sedang hingga lebat disertai guntur dan angin kencang di wilayah pegunungan, lereng barat, dan pantai barat Sumatera Utara pada sore hingga malam hari," kata Aryo, Selasa (17/1).

Dia menjelaskan secara umum dalam dua hari ke depan pada pagi hari seluruh wilayah Sumut akan berawan dan hujan sedang hingga lebat akan terjadi di Kepulauan Nias.

Beranjak siang dan sore, potensi hujan lebat akan melanda wilayah Langkat, Binjai, Karo, Dairi, Humbahas, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah.

Kemudian, hujan juga diprakirakan akan terjadi di wilayah Tapanuli Selatan, Pakpak Bharat, Padang Sidempuan, Padang Lawas, Mandailing Natal, dan Kepulauan Nias.

Sedangkan pada malam hari, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat akan mengguyur wilayah Pakpak Bharat, Humbahas, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Kepulauan Nias, dan Mandailing Natal.

Sementara, pada dini hari hujan ringan masih akan terjadi di Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, dan Mandailing Natal. Hujan ringan hingga sedang berpotensi terjadi di wilayah Kepulauan Nias.

BMKG menyampaikan prakiraan cuaca di sejumlah wilayah di Sumut dalam dua hari ke depan dengan potensi hujan lebat disertai angin kencang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News