Prakiraan Cuaca Sumut: Berawan dan Berpotensi Hujan

Sabtu, 07 Januari 2023 – 07:00 WIB
Prakiraan Cuaca Sumut: Berawan dan Berpotensi Hujan  - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - Sejumlah rumah warga di Desa Rianiate, Kecamatan Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapanuli Selatan terendam banjir. Foto: ANTARA/HO

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan dalam tiga hari ke depan secara umum cuaca Sumatera Utara (Sumut) berawan dan berpotensi terjadi hujan.

"Umumnya terjadi di Kepulauan Nias, lereng barat, pantai barat, pegunungan dan sebagian lereng timur Sumatera Utara, seperti Kabupaten Langkat," kata prakirawan Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan, Utami Al Khairiyah di Medan, Sumut, Jumat (6/1).

Dia menjelaskan Sumatera Utara khususnya Kota Medan sudah melewati puncak musim hujan awal tahun.

Sebab, kata dia, curah hujan di Sumatera Utara terjadi di Januari 2023 lebih rendah dibandingkan Desember 2022 dengan intensitas bervariasi, yakni ringan hingga sedang.

"Wilayah Sumatera Utara sudah melewati puncak hujan, yaitu November hingga awal Desember 2022," jelasnya.

Namun, kondisi provinsi yang dipimpin Edy Rahmayadi ini masih sangat dinamis akibat potensi berbagai gangguan di wilayah Pulau Sumatera.

Sehingga hal tersebut mengakibatkan kondisi cuaca di Sumut cukup labil, yang dapat berubah sewaktu-waktu.

"Saat ini dinamika atmosfer masih adanya belokan angin, dan konvergensi menimbulkan uap air yang cukup untuk hujan dengan potensi curah hujan ringan hingga sedang," ungkapnya.

BMKG memprakirakan cuaca di Sumatera Utara berawan dan berpotensi terjadi banjir kategori

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News