Cuaca Sumut Hari Ini, BMKG Prediksi Sejumlah Wilayah di Sumut Berpotensi Hujan Lebat dan Angin Kencang

Kamis, 29 Desember 2022 – 16:22 WIB
Cuaca Sumut Hari Ini, BMKG Prediksi Sejumlah Wilayah di Sumut Berpotensi Hujan Lebat dan Angin Kencang - JPNN.com Sumut
BMKG memprediksi sejumlah wilayah di Sumut berpotensi diguyur hujan lebat dan angin kencang. Foto: Antara

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini potensi hujan lebat dan angin kencang yang akan terjadi di sebagian wilayah di Sumatera Utara (Sumut).

Prakirawan BMKG Wiayah I Medan Utami Al Khairiyah mengatakan beberapa wiayah di Sumut berpotensi dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang dan badai petir.

“Hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang da badai petir diperediksi terjadi di wilayah Lereng Barat, Pantai Barat, Pegunungan dan sebagian Lereng Timur Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir dan longsor," kata Utami Al Kahiriyah di Medan, Kamis (29/12).

Dia menjelaskan secara umum cuaca di Sumatera Utara (Sumut) dalam dua hari ke depan pada pagi, siang dan sore berpotensi hujan ringan hingga lebat. Hal tersebut berpeluang terjadi di di wilayah Langkat, Kota Medan, Binjai, Deli Serdang, Serdang Bedagai dan Karo.

Potensi yang sama juga berpeluang terjadi di Simalungun, Pematang Siantar, Asahan, Kepulauan Nias, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Dairi, Tapanuli Utara, Samosir, Toba, Tapanuli Tengah, Sibolga, Mandailing Natal, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara dan sekitarnya.

Beranjak malam hari, potensi hujan ringan hingga lebat juga diramal akan melanda wilayah Samosir, Toba, Langkat, Karo, Deli Serdang, Tapanuli Utara, Labuhanbatu Utara, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Tapanuli Tengah, Sibolga dan sekitarnya.

Utami Al Khairiyah mengatakan kondisi suhu udara rata-rata 18-31 derajat celsius dengan kelembaban udara 65-98 persen.

Sedangkan angin diprediksi berembus dari Barat-Timur dengan kecepatan 10-30 kilometer per jam.(antara/jpnn)

BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca di sejumlah wilayah di Sumatera Utara (Sumut) dan meminta warga mewaspadai potensi hujan lebat dan angin kencang

Redaktur & Reporter : Muhlis

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia